Disergap Saat Terima 5 Kg Sabu, Rizal Dihukum 15 Tahun Penjara

Rabu, 6 Februari 2019 20:48 Reporter : Yan Muhardiansyah
Disergap Saat Terima 5 Kg Sabu, Rizal Dihukum 15 Tahun Penjara sidang pengedar sabu. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Muhammad Rizal (38) tak banyak bereaksi saat majelis hakim menjatuhinya hukuman 15 tahun penjara. Dia dihukum karena terbukti bersalah menjadi perantara peredaran narkotika.

Hukuman terhadap Rizal dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Syafril Pardamean Batubara di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (6/2). Majelis menyatakan warga Jalan Iskandar Muda, Meuraksa, Banda Aceh ini telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dia telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan hukum menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I bukan tanaman dengan berat lebih dari 5 gram.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp 1 miliar. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan," kata Syafril.

Mendengar putusan majelis hakim, Rizal hanya terdiam. Dia menyatakan masih pikir-pikir, begitu pula dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Putusan majelis hakim sama dengan tuntutan Sebelumnya, JPU Emmi F Manurung juga meminta majelis hakim mengganjar Rizal dengan hukuman penjara selama 15 tahun dan denda Rp 1 miliar.

Dalam perkara ini, Rizal diringkus personel Polda Sumut di Jalan Ngumban Surbakti Pasar 8 sebelum Fly Over Jalan Jamin Ginting, Medan, pada Jumat (20/7) sekitar pukul 15.35 WIB. Dia ditangkap saat menerima tas ransel hitam dari seorang laki-laki di pinggir jalan.

Setelah digeledah di dalam tas itu ditemukan 5 bungkus teh cina merek Guan Yin Wang. Di dalamnya ditemukan sabu-sabu dengan berat bruto 5.100,4 gram.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyatakan Rizal ditangkap dalam satu rangkaian penyelidikan peredaran sabu-sabu di Sumut, Juli lalu. Selain dia, 7 pengedar lainnya ditangkap di sejumlah lokasi. Dalam operasi itu, 2 orang pelaku lainnya ditembak mati.

Dalam rangkaian penangkapan ini petugas menyita total 17 Kg sabu-sabu dan 2.000 butir pil ekstasi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Medan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini