Alasan Toyota Indonesia hanya pasarkan all new C-HR versi mesin 1,8L

Rabu, 11 April 2018 10:08 Reporter : Syakur Usman
Alasan Toyota Indonesia hanya pasarkan all new C-HR versi mesin 1,8L Toyota C-HR. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - All New Toyota C-HR yang diluncurkan di Jakarta hari ini (10/4) bukanlah mobil sembarangan. Inilah mobil Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia dengan desain global anyar, Toyota New Global Architecture (TNGA). Memadukan konsep mobil coupe dan sport utility vehicle (SUV), Toyota C-HR memiliki desain eksterior futuristik dan menawarkan rasa berkendara yang benar-benar baru di Tanah Air.

Untuk pasar Indonesia, All New C-HR dipasarkan Rp 488,5 juta untuk single tone, sedangkan two tone Rp 490 juta. Single tone terdiri dari tiga warna, yakni black attitude, white pearl, dan metal stream. Sementara two tone; mengombinasikan warna red mica metallic dengan black roof dan blue metallic dengan black roof.

Sayang, Toyota Indonesia hanya memasarkan All New C-HR dengan pilihan satu mesin, yakni 1,8L 2ZR-FBE dengan transmisi CVT 7-percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 141 ps per 6.400 rpm dan tporsi 17,4 kgm per 4.000 rpm. Padahal di pasar Eropa/global, C-HR menawarkan tiga pilihan mesin, yakni 1,2L turbocharger; 1,8L hybrid - mesin sama untuk Prius Gen 4; dan 2,0L.

Apa pertimbangan Toyota Indonesia hanya membawa C-HR versi mesin 1,8L?

Bansar Maduma, Product General Manager PT Toyota-Astra Motor, mengungkapkan di pasar global, C-HR memang memiliki varian mesin lain, seperti 1,2L turbo dan 2,0L. Namun, mempertimbangkan kebutuhan yang cocok untuk pasar Indonesia, maka Toyota Indonesia memilih hanya memasarkan mesin 1,8L.

"Yang cocok dengan kebutuhan konsumen Indonesia mesin 1,8L karena menawarkan driving experience sekaligus konsumsi bahan bakar," ujar Bansar usai peluncuran All New C-HR di Jakarta, Selasa (10/4). Untuk mesin hybrid, Toyota Indonesia belum ada rencana memasarkannya. Sebab saat ini fokus memasarkan mesin non-hybrid.

Kata Bansar, C-HR menawarkan desain unik, pengalaman berkendara beda, dan fitur keamanan yang lengkap.
Dengan pertimbangan itu, crossover ini menyasar segmen baru di pasar Indonesia, yakni segmen konsumen yang unik dan tampil beda.

"Toyota C-HR menyasar eksekutif muda atau pebisnis muda yang suka menyetir sendiri," ucapnya.

All New C-HR menawarkan mobil crossover dengan desain emosional dan rasa berkendara yang belum pernah ada di Toyota Indonesia. Eksterionya nyentrik dengan adopsi desain berlian yang asimetris. Interiornya juga sporty dengan head unit AVX 7 inci yang support DVD, Bluetooth, USB, AUX, weblink application dengan multitasking window.

Untuk menunjang fun to drive, disematkan cruise control, G-force indicator, dan driving mode; Eco dan Sport. Fitur keselamatan dan keamanan aktifnya juga lengkap. Tengok saja ada 7 SRS airbags, ABS, EBD, BA, vehicle stability control, hill assist control, traction control, auto-brake hold, impact absorbing structure, blind spot monitor, dan rear cross traffic alert. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Toyota C HR
  2. Toyota
  3. Mobil Baru
  4. Otomotif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini