Pengamat Transportasi Nilai Sepeda Non-Lipat Masuk MRT Ganggu Kenyamanan Penumpang

Kamis, 25 Maret 2021 17:40 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Pengamat Transportasi Nilai Sepeda Non-Lipat Masuk MRT Ganggu Kenyamanan Penumpang Anies Baswedan bawa sepeda ke MRT. ©Instagram/Anies Baswedan

Merdeka.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan uji coba fasilitas sepeda non lipat di MRT Jakarta hari Rabu (24/3) kemarin. Berkaca pada uji publik yang Anies lakukan, pengamat transportasi Darmaningtyas mengatakan, sebaiknya sepeda non lipat tidak diperkenankan untuk naik MRT.

Menurutnya, hal itu akan mengganggu kenyamanan penumpang MRT. Pasalnya saat pandemi Covid-19 ini, jumlah penumpang MRT tidak sepadat biasanya.

"Memang untuk kondisi sekarang selama pandemi mungkin tidak terasa mengganggu karena jumlah penumpang MRT sedikit. Tapi nanti dalam kondisi normal atau saat jumlah pelanggan naik, keberadaan sepeda non lipat tentu mengganggu penumpang lainnya," katanya kepada merdeka.com, Kamis (25/3).

Dia menyarankan agar Anies dan pihak-pihak yang berwenang dalam membuat aturan bisa lebih bijak melihat dampak dari aturan yang dibuat itu. Lebih baik, sepeda non lipat diberikan tempat untuk parkir di stasiun.

"Jadi kalau sepeda non lipat mungkin cocoknya diparkir di stasiun. Kalau masuk ke dalam kereta MRT, tentu akan mengganggu kenyamanan penumpang," ujarnya.

Selain itu, Darmaningtyas juga khawatir, jika sepeda non lipat boleh dimasukkan ke dalam MRT, maka akan membuat kotor. Karena tidak semua jalan yang dilalui pesepeda merupakan jalanan beraspal yang mulus. Ditambah lagi saat ini sedang musim penghujan.

"Ya jelas dong masyarakat mengeluhkan takut kotor. Sudah jelas bisa mengotori MRT," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Anies mengunggah 10 foto saat melakukan uji coba tersebut ke instagram pribadinya @aniesbaswedan. Baru satu hari dia unggah, sudah ada 1.443 orang yang mengomentari uji coba sepeda non lipat di MRT itu.

Sebagian pengguna instagram tidak setuju dengan rencana tersebut, selain mengganggu kenyamanan penumpang, banyak penumpang yang khawatir akan kebersihan MRT nantinya.

"Kalau habis kena tanah merah (ban sepedanya) gimana?" Tanya pengguna akun @liafrni

"Ribet pak ini, makan tempat, batalkan saja (rencananya)" dikutip dari komentar @ihsan.piliang.

Namun, ada sejumlah masyarakat yang mendukung uji coba tersebut, bahkan ada pula yang memberikan saran.

"Saran saja pak, aturan disediakan gerbong sendiri supaya tidak mengganggu penumpang lain," kata @syabeni1

"Kok ga disediakan rel eskalator untuk sepeda? Kasihan berat dibawa ke atasnya didorong kaya bapak (naik tangga) begitu," kata @ranusatiray10

Sebagai informasi, uji coba yang dilakukan kemarin, dimulai Stasiun Lebak Bulus Grab serta ditemani oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Achmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Marullah Matali, dan Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo

Rombongan Anies disambut langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar serta Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini