15 Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Minggu, 29 Desember 2019 00:14 Reporter : Tantri Setyorini
15 Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara Ilustrasi soba. ©Fotolia

Merdeka.com - Tahun baru 2020 sudah di depan mata. Saatnya menyiapkan hidangan tradisional khas tahun baru. Kalau keluargamu tidak memiliki makanan khusus tahun baru, kamu bisa mencoba makanan-makanan spesial tahun baru dari berbagai negara berikut ini.

Sejumlah negara punya makanan tradisional yang wajib ada setiap perayaan tahun baru. Makanan-makanan ini tujuannya adalah untuk membawa keberuntungan di tahun yang baru. Ada juga yang melambangkan kepergian tahun yang telah lalu.

2 dari 16 halaman

1. Spanyol - Buah Anggur

anggur hijau

Anggur hijau shutterstock.com/Sunny studio - Igor Yaruta

Dilansir Travel and Leisure, warga Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya merayakan tahun baru dengan bersuka ria di lapangan utama sambil melahap anggur.

Dilansir Mashable, warga menyantap 12 buah anggur sambil menjelang detik-detik tahun baru. Tujuannya adalah untuk mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun.

Tradisi ini populer sejak tahun 1909, ketika sekelompok petani anggur ingin menjual kelebihan stok buah anggur pada masa-masa panen yang baik.

3 dari 16 halaman

2. Filipina - 12 Buah Berbentuk Bulat

ilustrasi buah buahan tropis

Pixabay/skeeze

Orang Filipina menganggap benda-benda yang berbentuk bulat sebagai tanda keberuntungan, sebab bentuknya mirip dengan uang koin. Pada saat tahun baru mereka mengenakan baju bermotif polka dot dan memajang benda-benda berbentuk bulat.

Tak hanya itu, mereka juga menyajikan kue-kue berbentuk bulat. Mereka juga harus makan 12 jenis buah. 12 Jenis buah ini merupakan simbol dari 12 bulan yang 'berbuah' kemakmuran di tahun mendatang.

4 dari 16 halaman

3. Jepang - Toshikoshi Soba

toshikoshi soba
Toshikoshi soba YouTube

Soba merupakan salah satu jenis mi favorit warga Jepang. Mereka menyantapnya sepanjang tahun. Namun untuk merayakan tahun baru warga Jepang akan menyantap toshikoshi soba.

Soba yang melambangkan umur panjang karena bentuknya yang panjang dan tak terputus, sama dengan filosofi mi panjang umur di China. Toshikoshi soba biasa disajikan panas dengan kaldu manis dan gurih, topping nori (rumput laut), kamaboko, atau telur.

5 dari 16 halaman

4. Polandia - Ikan Herring

acar ikan herring
Shutterstock/gkrphoto

Olahan ikan herring juga wajib muncul saat perayaan tahun baru, tepatnya di Polandia. Ikan ini memiliki warna sisik keperakan yang mengingatkan pada uang logam perak, melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun baru.

Ikan herring yang melimpah di Eropa Barat juga menandakan harapan untuk tahun baru dengan rezeki yang melimpah ruah.


6 dari 16 halaman

5. Skotlandia - Wiski, Roti hitam, dan Shortbread

ala skotlandia
Wikimedia Commons/IMBJR

Menurut situs Info Please, orang Skotlandia punya tradisi yang disebut Hongmanay saat tahun baru. Tadisi ini meliputi 'kaki pertama'. Maksudnya saat malam pergantian tahun, orang-orang Skotlandia akan saling mengunungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru.

Menurut Elaine Lemm, ahli makanan Inggris dan Irlandia kepada About.com, kunjungan ke rumah tetangga disertai dengan oleh-oleh berupa arang untuk perapian, wiski, roti hitam (sejenis kue buah berwarna hitam), dan shortbread. Makanan yang bermacam-macam ini merupakan simbol keberuntungan yang bermacam-macam bagi si pemilik rumah.

7 dari 16 halaman

6. Belanda - Oliebollen

tantri setyorini

BACA JUGA:
{news_title}

Sbs.com.au

Warga Belanda biasa menyambut datangnya tahun baru dengan hal-hal manis. Karena itulah mereka menyantap oliebollen.

Kue goreng yang masih satu keluarga dengan donat ini merupakan makanan tradisional Belanda. Oliebollen biasa disajikan pada malam tahun baru. Adonan oliebollen biasanya dicampur dengan apel yang dipotong dadu, kismis, atau manisan kulit jeruk.

BACA JUGA:
{news_title}
8 dari 16 halaman

7. Jerman - Glucksschwein

tantri setyorini
Shootandscrawl.com

Babi adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran di Jerman. Sementara itu, tahun baru sebaiknya disambut dengan yang manis-manis. Dari sanalah tradisi glucksschwein lahir.

BACA JUGA:
{news_title}

Kue manis berbentuk babi ini merupakan perlambang dari tahun baru yang ekstra manis.

9 dari 16 halaman

8. Amerika Serikat - Sayuran hijau

ilustrasi sayuran hijau
Shutterstock/Robyn Mackenzie

BACA JUGA:
{news_title}

Kalau orang Jerman menyantap kue berbentuk babi, tradisi tahun baru di Amerika Serikat justru melibatkan sayuran hijau. Warga negeri Paman Sam biasa menyantap makanan dari sayuran berdaun hijau yang warnanya mirip dengan lembaran uang kertas.

10 dari 16 halaman

9. Yunani - Vassilopiita

uang koin
Explorecrete.com

BACA JUGA:
{news_title}

Di Yunani perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil, salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks.

Pada hari ini orang Yunani menyiapkan hidangan khusus yang diberi nama Vassilopiita atau kue St. Basil. Dalam kue ini dimasukkan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.


11 dari 16 halaman

10. Korea - Tteok-guk

001 tantri setyorini

BACA JUGA:
{news_title}

Agrafood.co.kr

Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-guk. Tteok-guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis.

Tteok-guk juga dimakan untuk ulang tahun. Setelah Tteok-guk disantap sampai habis barulah seseorang dianggap resmi bertambah usia.

Itulah beberapa makanan tradisional khas tahun baru yang disantap di berbagai negara.

12 dari 16 halaman

11. Meksiko - Tamales

ilustrasi tamales

BACA JUGA:
{news_title}

Shutterstock/Brent Hofacker

Menurut artikel yang dilansir CNN, tamales adalah hidangan yang hampir selalu ada dalam acara-acara spesial di Meksiko. Tamales adalah sejenis roti pipih dari jagung yang diisi dengan daging, keju, dan bahan pangan lain. Lalu dibungkus daun pisang atau kulit jagung.

Menjelang tahun baru, para wanita di Meksiko biasanya membuat ratusan bungkus tamales untuk hidangan pesta. Pada momen seperti ini, biasanya tamales disantap bersama sejenis sup penghilang mabuk yang disebut menudo.

BACA JUGA:
{news_title}

Selain tamales, warga Meksiko juga punya kebiasaan menyajikan rosca de reyes saat tahun baru. Ini adalah sejenis roti berbentuk cincin dengan taburan buah kering. Bagian dalam roti menyembunyikan sejumlah perhiasan kecil. Siapa pun yang menemukannya bakal memperoleh keberuntungan di tahun mendatang.

13 dari 16 halaman

12. Italia - Cotechino con Lenticchie

cotechino con lenticchie
Shutterstock/barbajones

BACA JUGA:
{news_title}

Warga Italia merayakan tahun baru dalam festival La Festa di San Silvestro. Biasanya makanan tradisional seperti cotechino con lenticchie selalu ada di perayaan seperti ini. Cotechino con lenticchie sendiri adalah masakan yang terdiri dari sosis dan lentil rebus. Lentil merupakan simbol harta dan keberuntungan bagi warga Meksiko. Selain hidangan itu, beberapa keluarga juga umum menghidangkan kaki babi isi yang disebut zampone.

14 dari 16 halaman

13. Austria - Anak Babi Panggang

anak babi panggang
Shutterstock/gkrphoto

BACA JUGA:
{news_title}

Menurut artikel yang dilansir The Daily Meal, orang Austria biasa menyiapkan hidangan tahun baru berupa anak babi panggang yang disebut Sylvesterabend. Mereka juga menghias meja makan dengan marzipan kecil berbentuk babi. Babi sendiri dianggap sebagai simbol kemajuan dan kemakmuran.

15 dari 16 halaman

14. China - Pangsit, Mi, dan Ikan Utuh

imlek
2017 Iwan Tantomi

BACA JUGA:
{news_title}

Tahun baru China ini ditandai dengan berbagai tradisi unik, salah satunya dari segi kuliner. Beberapa hidangan yang wajib hadir saat tahun baru China antara lain pangsit, mi, dan ikan utuh.

Pangsit dianggap sebagai perlambang kekayaan karena bentuknya menyerupai uang perak kuno yang berbentuk seperti perahu. Dilansir China Highlights, ikan merupakan lambang kemakmuran dan rezeki. Dalam bahasa Mandarin, penyebutan ikan memiliki bunyi yang hampir sama dengan surplus. Sementara mi dianggap sebagai perlambang umur panjang, salah satu berkah kehidupan yang berharga bagi warga keturunan Tionghoa.

16 dari 16 halaman

15. Swedia - Puding Nasi

puding nasi

BACA JUGA:
{news_title}

Shutterstock/gkrphoto

Saat Natal dan tahun baru, orang-orang Swedia menyajikan puding nasi dengan almond tersembunyi di dalamnya. Menurut kepercayaan mereka, siapapun yang menemukan almond tersebut bakal memperoleh keberuntungan selama 12 bulan ke depan.

Itulah hidangan-hidangan tahun baru yang wajib ada di setiap negara.

BACA JUGA:
{news_title}
[tsr]

Baca juga:
Ramah Lingkungan, Air New Zealand Mulai Gunakan Cangkir yang Bisa Dimakan
Mencicipi Tarantula Goreng yang Populer di Kamboja
Kafe di New York Tawarkan Kopi Sewarna Tinta dengan Krim Hitam Pekat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini