Polisi Nigeria tangkap militan Boko Haram yang culik gadis Chibok

Jumat, 20 Juli 2018 18:23 Reporter : Ira Astiana
Polisi Nigeria tangkap militan Boko Haram yang culik gadis Chibok polisi tangkap militan boko haram. ©Reuters

Merdeka.com - Kepolisian Nigeria menangkap delapan anggota kelompok bersenjata Boko Haram yang terlibat dengan penculikan gadis Chibok. Penculikan terhadap 276 anak perempuan itu dilakukan pada 2014 lalu.

"Mereka mengaku telah berpartisipasi secara aktif dengan penculikan anak-anak perempuan Kota Chibok," kata komisaris polisi, Damian Chukwu, dikutip dari Aljazeera, Jumat (20/7).

Chukwi menjelaskan kedelapan orang yang ditangkap termasuk dari 22 anggota Boko Haram yang berhasil ditangkap polisi dalam dua minggu terakhir.

"Salah satu tersangka merupakan pria 23 tahun. Dia mengaku sebagai komandan Boko Haram yang mendalangi dan memimpin penculikan," jelas Chukwu.

Selain menjadi otak penculikan, kedelapan orang tersebut juga mengaku merancang lebih dari 50 bom bunuh diri di negara tersebut.

Sebagaimana diketahui, penculikan gadis-gadis Chibok sempat santer terdengar dan mencuri perhatian publik empat tahun lalu. Sejumlah tokoh dunia juga mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap korban yang diculik, salah satunya istri mantan Presiden Amerika Serikat, Michelle Obama.

Michelle bergabung dengan mereka yang turut prihatin dengan insiden tersebut dan membentuk kampanye 'Kembalikan anak-anak kami' agar mereka bisa bebas.

Sebanyak 2.000 anak diculik oleh Boko Haram, tidak hanya perempuan tetapi juga laki-laki. Mereka diculik untuk dijadikan budak seks, pejuang militan, hingga bahkan pengebom bunuh diri.

Boko Haram telah mendeklarasikan dirinya sebagai kelompok teror sejak 2009. Mereka berusaha mendirikan negara syariat Islam di Nigeria dan juga di wilayah perbatasan seperti Kamerun, Chad dan Niger.

Sejak memulai aksi teror, Boko Haram telah merenggut nyawa sekitar 20.000 orang dan membuat 2,3 juta warga terlantar. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nigeria
  3. Boko Haram
  4. Penculikan
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini