Misteri foto pria Korut di ponsel Siti Aisyah dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam

Selasa, 14 November 2017 18:42 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Reka ulang pembunuhan Kim Jong Nam. ©REUTERS/Lai Seng Sin

Merdeka.com - Polisi Malaysia menemukan foto pria Korea Utara, Ri Jiu, di telepon genggam milik Siti Aisyah, warga negara Indonesia tersangka pembunuh Kim Jong-nam, kakak pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Polisi juga mengatakan kemungkinan Ri Jiu masih berada di Malaysia. Hal itu dinyatakan dalam lanjutan sidang pembunuhan Kim Jong-nam di Kuala Lumpur.

Dilansir dari The Malay Mail Online, Selasa (14/11), dari ponsel Siti Aisyah ditemukan dua gambar Ri Ji, yang berada di Kuala Lumpur City Centre (KLCC) dan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Saksi kesembilan mengaku tidak tahu saat pengacara Siti Aisyah mengatakan Ri Jiu memasuki negara itu melalui Phnom Penh, Kamboja pada tanggal 21 Januari dengan sebuah penerbangan Malaysia Airlines.

Siti Aisyah, 25 tahun, dan Doan Thi Huong (28) dari Vietnam, keduanya dituduh membunuh Kim Jong-nam, dengan empat warga Korut lainnya yang berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (klia2), Sepang, pukul 9 pagi pada 13 Februari.

Tidak hanya bukti foto, ditemukan pula uang sebesar USD 38.000 (Rp 515 juta) di sebuah kondominium. Wan Azirul Nizam memberi kesaksian penghuni kondominium tersebut adalah Ri Jong-chol, yang juga menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam. Dia mengatakan uang tersebut dari empat pria Korea Utara.

"Dia (Ri Jong) menerima uang tersebut pada bulan Oktober 2016 untuk membeli 'mee lembut' (mie bertekstur lembut) untuk dikirim ke Korea Utara. Saya tidak menyelidiki lebih lanjut," kata dia.

Wan Azirul menambahkan pria tersebut telah menyewa unit kondominium sejak 19 Mei 2015. [pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.