Kerajaan Negeri Sembilan cabut gelar Datuk Seri milik Najib Razak dan istrinya

Jumat, 26 Oktober 2018 18:00 Reporter : Ira Astiana
Kerajaan Negeri Sembilan cabut gelar Datuk Seri milik Najib Razak dan istrinya Mantan PM Malaysia Najib Razak. AFP

Merdeka.com - Kerajaan Negeri Sembilan mencabut gelar 'Datuk Seri' yang sebelumnya disematkan kepada mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor.

Najib dianugerahi gelar tersebut pada 2005 lalu, menyusul kemudian Rosmah yang diberikan gelar pada 2006 lalu. Kini, keduanya tak bisa lagi memakai gelar tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh Pendaftar Penghargaan Negara, Dr Razali Ab Malik.

"Keputusan itu bertujuan untuk menjaga kehormatan institusi kerajaan Negeri Sembilan," kata Razali dalam sebuah pernyataan resmi, dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (26/10).

Razali menambahkan bahwa pencabutan gelar itu diputuskan setelah digelar pertemuan khusus penganugerahan penghargaan dan medali di Negeri Sembilan.

Namun meski Negeri Sembilan mencabut gelar tersebut, Najib masih memegang gelar Datuk Seri dari wilayah lain seperti Pahang, Melaka, Sabah, Sarawak, Penang, Kelantan, Kedah dan Perlis.

Sama halnya dengan Najib, Rosmah pun masih memegang gelar Datuk Seri dari Pahang, Melaka, Sabah, Sarawak, Kedah dan Selangor.

Pencabutan gelar ini masih ada kaitannya dengan kasus yang menimpa Najib dan Rosmah. Keduanya diketahui tengah berhadapan dengan tuduhan berbagai pelanggaran oleh Komisi Anti- Korupsi Malaysia.

Rosmah (66 tahun) harus menghadapi 17 dakwaan, termasuk menerima dana hasil korupsi dan juga tidak menyerahkan uang pajak penghasilan. Sedangkan Najib harus menghadapi 38 dakwaan mulai dari pencucian uang, penyalahgunaan kekuasaan, hingga pelanggaran kepercayaan. Keduanya mengaku tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan tersebut. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini