Diperiksa hampir 5 jam, istri Najib Razak akhirnya ditahan KPK Malaysia

Rabu, 3 Oktober 2018 22:41 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Diperiksa hampir 5 jam, istri Najib Razak akhirnya ditahan KPK Malaysia Mantan PM Malaysia Najib Razak beserta istrinya Rosmah Mansor. Getty Images

Merdeka.com - Istri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor, resmi ditahan oleh Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC), Rabu (3/10). Rosmah diduga terlibat kasus pencucian uang dalam kasus korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"Rosma akan menghadapi beberapa tuduhan," kata MACC dalam sebuah pernyataan dikutip dari ChannelNewsAsia,

Rosmah (66), ditahan di markas MACC. Dia sudah diperiksa tiga kali oleh lembaga antirasuah tersebut.

Sebuah sumber di MACC menegaskan, Rosmah tiba di markas MACC pukul 10.45 pagi waktu setempat. Kemudian resmi ditahan pada pukul 3.20 sore.

Badan antikorupsi tidak mengatakan tegas bahwa tuduhan terhadap Rosma berhubungan dengan 1MDB.

Suaminya, Najib (64), juga sudah beberapa kali diperiksa dalam kasus 1MDB tersebut. Najib diperiksa oleh divisi anti pencucian uang dan anti teror.

Dia juga akan berada di pengadilan pada hari Kamis untuk pemeriksaan pra-sidang atas tuduhan yang terkait dengan 1MDB yang diajukan terhadap dirinya.

Najib, yang baru saja kalah Pemilu pada Mei lalu oleh Mahathir Mohamad, menghadapi 32 dakwaan. Mulai dari pencucian uang hingga penyalahgunaan kekuasaan yang disebut merugikan negara hingga miliaran dolar dari proyek 1MDB.

Tuduhan korupsi membelit Najib selama bertahun-tahun, sejak menjadi perdana menteri pada tahun 2015 silam. Saat itu, Wall Street Journal melaporkan bahwa hampir USD 700 juta dalam dana 1MDB dialihkan ke rekening pribadi milik Najib.

Gaya hidup Rosmah yang mewah sempat menjadi sorotan publik Malaysia. Sebab, dalam setiap kesempatan, istri Najib tersebut tertangkap kamera menggunakan perhiasan mewah dan kerap belanja barang-barang mewah. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini