Deretan Aktor Bollywood Dukung Demo Penolakan UU Kewarganegaraan Baru India

Sabtu, 21 Desember 2019 07:12 Reporter : Hari Ariyanti
Deretan Aktor Bollywood Dukung Demo Penolakan UU Kewarganegaraan Baru India Aksi Protes di India. ©2019 REUTERS/Danish Siddiqui

Merdeka.com - Pekan lalu, parlemen India mengesahkan UU Amandemen Kewarganegaraan atau Citizenship Amandement Act (ACC). UU ini akan menjadi dasar pemberian status kewarganegaraan bagi warga non Muslim yang melarikan diri ke India dari Afghanistan, Bangladesh, dan Pakistan akibat persekusi berbasis agama. UU ini dinilai anti Muslim dan menuai protes di seluruh negeri. Sedikitnya sembilan orang tewas dalam aksi unjuk rasa dalam beberapa hari terakhir ini.

UU ini dinilai melanggar konstitusi sekuler India, yang menegaskan kesetaraan semua warga tanpa memandang latar belakangnya. Ribuan orang, termasuk mahasiswa, aktivis politik dan sosial, tokoh masyarakat dan lainnya turun ke jalan di Mumbai untuk berunjuk rasa menolak UU ini dan juga menolak Pendaftaran Nasional Kependudukan atau NRC pada Kamis sore. Unjuk rasa juga berlangsung di berbagai kota di sejumlah negara bagian seperti Uttar Pradesh, Karnataka, Assam, dan lainnya.

Tak hanya mahasiswa dan para aktivis, sejumlah aktor Bollywood juga mendukung aksi unjuk rasa penolakan terhadap UU ini. Bahkan salah satu aktor juga ikut demo.

Berikut rangkuman deretan aktor Bollywood yang mendukung aksi unjuk rasa:

Baca Selanjutnya: Farhan Akhtar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini