Calon astronot NASA mengundurkan diri karena alasan pribadi

Jumat, 31 Agustus 2018 22:34 Reporter : Merdeka
Calon astronot NASA mengundurkan diri karena alasan pribadi robb kulin. ©NASA via AP file

Merdeka.com - Untuk pertama kalinya dalam 50 tahun sejarah NASA, seorang calon astronaut memutuskan untuk keluar dari lembaga antariksa tersebut.

Kandidat bernama Robb Kulin mengundurkan diri setelah ia melewati masa pelatihan setengah jalan, yakni sekitar dua tahun di Johnson Space Center, Houston, Amerika Serikat.

Juru bicara NASA, Brandi Dean, mengatakan mundurnya Kulin dari profesi bergengsi itu mulai efektif hari ini. Ia menambahkan bahwa Kulin mengundurkan diri karena alasan pribadi.

"Kami tidak dapat membeberkannya kepada publik karena kami mematuhi undang-undang privasi," Dean menuturkan, seperti dikutip dari CBS News, Kamis 30 Agustus 2018.

Kulin adalah salah satu dari 12 astronaut baru yang beruntung telah dipilih NASA pada Musim Panas lalu, dari total pelamar sejumlah 18.300 orang.

Pria berumur 34 tahun ini sebelumnya bekerja sebagai manajer senior di SpaceX. Sebelum dinyatakan lolos seleksi, Kulin mengaku ia ingin terbang ke angkasa menggunakan kendaraan yang ia desain bersama rekan-rekannya di SpaceX.

Sementara itu, SpaceX dan Boeing sedang mengembangkan kapsul komersial pertama untuk awak NASA. Jika tak ada halangan, kapsul ini akan diluncurkan pada tahun depan.

Kulin dibesarkan di Anchorage, Alaska, dan pernah bekerja sebagai nelayan di tanah kelahirannya. Tak hanya itu, ia juga sempat menjadi pengebor es di Antartika.

Reporter: Afra Augesti

Sumber: Liputan6.com [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Amerika Serikat
  2. NASA
  3. Astronot
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini