Arab Saudi Undang Keluarga Korban Penembakan Selandia Baru Naik Haji

Kamis, 18 Juli 2019 12:22 Reporter : Hari Ariyanti
Arab Saudi Undang Keluarga Korban Penembakan Selandia Baru Naik Haji Mekkah. ©2012 Shutterstock/ayazad

Merdeka.com - Kerajaan Arab Saudi akan mengundang 200 anggota keluarga korban penembakan Selandia Baru naik haji. Aksi teror penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru pada Maret lalu menewaskan puluhan orang. Aksi teror terjadi saat jemaah masjid bersiap melaksanakan salat jumat.

Berdasarkan kantor berita Arab Saudi (SPA) yang dilaporkan Anadolu, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menerbitkan perintah khusus untuk para keluarga korban teror ini agar bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Demikian dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (18/7).

SPA menyampaikan, kebijakan tersebut dikeluarkan Raja Salman untuk meringankan duka para keluarga korban dan menguatkan komitmen Arab Saudi dalam memerangi terorisme.

Pada 15 Maret lalu, pelaku teror Brenton Tarrant menyerang dua masjid yaitu Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre. Sebanyak 50 orang tewas dan 49 lainnya terluka. Saat beraksi, Tarrant yang merupakan warga negara Australia sempat melakukan siaran langsung di akun Facebooknya yang kemudian dengan cepat dihapus Facebook. Brenton Tarrant disebut sebagai seorang ekstremis sayap kanan dan pendukung supremasi kulit putih. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini