Wejangan Arief Yahya untuk Wishnutama Saat Serah Terima Jabatan

Rabu, 23 Oktober 2019 16:03 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Wejangan Arief Yahya untuk Wishnutama Saat Serah Terima Jabatan sertijab wishnutama. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama hari ini menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) dari menteri sebelumnya yaitu Arief Yahya. Dalam kesempatan tersebut Arief menyampaikan beberapa pesan kepada Wishnutama.

Arief menjelaskan, industri pariwisata harus dapat menjadi core atau DNA dari perekonomian Indonesia. Pendapatan devisa dari sektor ini harus tetap menjadi yang terbesar.

"Menurut saya pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi penghasil terbesar (devisa). Karena itu tugas dari presiden, industri pariwisata yang paling mudah dan murah untuk mendapatkan devisa," kata dia di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Rabu (23/10).

Selanjutnya adalah pengembangan destinasi wisata yang harus semakin dikembangkan. Terutama dengan adanya beberapa prioritas destinasi wisata yang saat ini telah dicanangkan seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Kupang NTT.

Dari sisi industri, Arief berharap ranking Indonesia di kancah internasional bisa terus meningkat hingga menyalip Malaysia dan Thailand. Selanjutnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan kualitas dan standarnya hingga setara level internasional.

"SDM jangan mundur. Kurikulum harus level dunia, semua lulusan harus disertifikasi minimal level Asia," ujarnya.

Terakhir adalah, pembangunan masyarakat. Dia berpesan saat membangun destinasi wisata maka yang terlebih dulu harus dibangun adalah masyarakat di sekitarnya. "Utamakan masyarakatnya dulu, bangun masyarakatnya lebih dulu dibandingkan membangun resort," ujarnya.

Dia juga mengingatkan Wishnutama bahwa selama menjadi menteri pariwisata dia setiap akhir pekan atau weekend hampir tidak pernah ada di rumah. "Selama empat tahun weekend saya gak pernah di rumah karena pariwisata itu event-eventnya saat weekend," ungkapnya.

Dia juga menyatakan akan selalu ada saat Wishnutama butuh bantuan dirinya. "Jabatan boleh hilang dan datang tapi persahabatan tidak akan pernah berhenti. Support at anytime, kapanpun selalu ada untuk kemenpar dan dirimu," tutupnya.

Dalam kesempatan serupa, Wishnutama mengatakan dirinya akan membawa sesuatu yang beda. Dia menganalogikan klub bola yang sudah lama tidak juara namun begitu melakukan strategi yang beda akhirnya klub tersebut menjadi juara. "Akan banyak event-event yang kita seriuskan sehingga kita punya full vector yang luar biasa," ujarnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini