Waskita Beton Precast Bangun 2 Pabrik Produksi Bantalan Rel Kereta

Senin, 11 November 2019 19:30 Reporter : Merdeka
Waskita Beton Precast Bangun 2 Pabrik Produksi Bantalan Rel Kereta Rencana Pemindahan Pelayanan Kereta Api Jarak Jauh. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Waskita Beton Precast telah menyiapkan dua pabrik produksi precast bantalan rel guna terlibat dalam proyek kereta api. Kedua pabrik itu terletak di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, serta di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

"Pabriknya sudah ada, sudah siap. Ada di Cikopo. Rencana nanti akan diproduksi di sana. Terus di Bojonegara," ungkap Direktur PT Waskita Beton Precast, Antonius Yulianto Tyas Nugroho, saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (11/11).

Untuk Plant Bojonegara, berdasarkan data yang dihimpun dari situs web.waskitaprecast.co.id, pabrik tersebut sebelumnya pernah terlibat dalam proyek perkeretaapian. Yakni untuk mensuplai beton pra cetak kepada proyek Jalur KA Bandara Soekarno-Hatta (Stasiun Sudirman-Stasiun Batu Ceper, Daan Mogot).

Saat ditanya proyek kereta api mana saja yang selanjutnya akan diikuti oleh Waskita Beton Precast, Antonius menjawab, pihaknya masih menunggu undangan tender. "Nanti kalau sudah ada tender, kita diundang, pasti ikut," ucap dia.

Dia pun menyebutkan, perusahannya saat ini telah mengantongi sertifikat dan memiliki izin guna memproduksi precast untuk bantalan rel kereta api. "Kita sudah mulai mempunya sertifikat. Sertifikat untuk mengerjakan bantalan kereta," tukas dia.

1 dari 2 halaman

Biayai Supplier Waskita Beton Precast, Bank Mandiri Siapkan Dana Awal Rp300 M

Bank Mandiri dan PT Waskita Beton Precast menandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan value chain supplier/sub kontraktor dari Waskita Beton Precast. Dalam kerja sama ini, Bank Mandiri akan menyiapkan pembiayaan khusus untuk mempercepat penerimaan pembayaran dan memperkuat likuiditas supplier Waskita Beton Precast.

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Direktur PT Waskita Beton Precast Antonius Yulianto Tyas Nugroho bersama Senior Vice President Bank Mandiri Choirul Anwar di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (11/11).

Pada tahap awal, Bank Mandiri akan menyediakan plafond pembiayaan sebesar Rp300 miliar untuk program pembiayaan kepada supplier PT Waskita Beton Precast.

Choirul Anwar mengatakan, skema fasilitas accepted invoice financing ini nantinya akan membantu supplier Waskita Beton Precast dalam mendapatkan percepatan pembayaran.

Dia menyebutkan, pembayaran akan dipercepat setelah Waskita Beton Precast melakukan verifikasi dan akseptasi terhadap tagihan invoice para supplier yang ditujukan kepada perusahaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan likuiditas keuangan supplier serta kualitas pengadaan barang/jasa supplier kepada Waskita Beton Precast.

"Bentuk kerjasama terkait pembiayaan accepted invoice menjadi salah satu langkah sinergi BUMN antara Bank Mandiri dengan PT Waskita Beton Precast dan juga dapat meningkatkan hubungan baik antar kedua perusahaan. Tak lupa juga, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan bisnis kedua perusahaan secara keseluruhan," kata Choirul.

2 dari 2 halaman

Dukung Waskita Beton Jalankan Bisnis

Di sisi lain, skema pembiayaan ini juga dapat mendukung Waskita Beton Precast dalam menjalankan roda bisnisnya pada bidang industri manufaktur beton precast dan ready mix.

"Ini juga dapat menjadi benefit bagi para supplier PT Waskita Beton Precast terkait kepastian pembayaran dan kenyamanan dalam melakukan transaksi bisnis antara PT Waskita Beton Precast dengan supplier-nya," sambung dia.

Sementara itu, Antonius Yulianto Tyas Nugroho menyampaikan, pihaknya akan mengarahkan perusahaan besar lain yang jadi rekan Waskita Beton Precast untuk pembiayaan invoice financing melalui Bank Mandiri.

"Ini supaya mereka juga ada kelonggaran untuk dananya. Kalau nanti dia harus menunggu pembayaran selama 180 hari dengan fasilitas SCF (Supply Chain Financing), sekarang bisa ditalangin dulu fasilitas itu dari rekanan langsung," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Biayai Supplier Waskita Beton Precast, Bank Mandiri Siapkan Dana Awal Rp300 M
Waskita Beton Raih Kontrak Proyek Rp217,5 Miliar Milik Temasek
KPK Dalami Dugaan Korupsi 14 Proyek Fiktif Lewat Staf Keuangan Waskita Karya
Usut Korupsi Proyek Fiktif PT Waskita Karya, KPK Periksa Dirut Jasa Marga
Peduli Pendidikan, Waskita Karya Bangun Laboratorium Matematika di SMP Purworejo
Usut 14 Proyek Fiktif, KPK Panggil 3 Karyawan Waskita Karya
Waskita Karya Bangun Fasilitas Perkeretaapian Manggarai-Jatinegara

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini