Suku bunga acuan turun, bos BI ingin suku bunga kredit ikut diturunkan

Rabu, 23 Agustus 2017 18:26 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Suku bunga acuan turun, bos BI ingin suku bunga kredit ikut diturunkan Agus Martowardojo. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Bank Indonesia menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin dari 4,75 persen menjadi 4,50 persen. Penurunan suku bunga tersebut diikuti dengan penurunan suku bunga instrumen moneter lainnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan, selama satu tahun BI sudah menurunkan suku bunga acuan sebesar 150 basis poin. Menurutnya, penurunan bunga sudah diikuti di tingkat dana pihak ketiga perbankan.

"Selama satu tahun ini sebetulnyakan BI sudah menurunkan bunga kebijakannya 150 basis poin, kita melihat bahwa yang melakukan penurunan penyesuaian itu di tingkat dana pihak ke tiga itu sudah turun cukup tajam, tetapi untuk dana kredit itu belum cukup dalam," kata Agus, di Kemenko Maritim, Jakarta, Rabu (23/8).

Lanjut dia, akan ada imbauan agar perbankan menurunkan tingkat suku bunga kreditnya. Dia menilai tingkat bunga perbankan belum turun karena sedang menghadapi kredit bermasalah.

"Kita mengetahui bahwa tingkat bunga perbankan yang relatif belum turun di perbankan dalam banyak hal karena mereka juga sedang menghadapi kredit bermasalah," ujarnya.

Tambahnya, perbankan tengah konsolidasi terkait kredit bermasalah itu dan belum menurunkan tingkat bunganya lebih jauh. "Tetapi kita mengerti termasuk otoritas jasa keuangan akan mensupervisi ini," tutup Agus. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini