Sri Mulyani Dianggap Layak Jadi Bos Bank Dunia, Ini Kata Menko Luhut

Senin, 14 Januari 2019 13:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Sri Mulyani Dianggap Layak Jadi Bos Bank Dunia, Ini Kata Menko Luhut Sri Mulyani. ©Instagram Sri Mulyani

Merdeka.com - US Chairman dari Official Monetary and Financial Institutions Forum atau OMFIF, Mark Sobel menyebut bahwa sosok Sri Mulyani menjadi presiden baru Bank Dunia. Lembaga think tank yang berbasis di London, Inggris menyebut bahwa Sri Mulyani dihormati secara global untuk menggantikan Jim Yong Kim yang telah mengundurkan diri.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mendukung Sri Mulyani menjadi bos Bank Dunia. Menurutnya, ini akan menjadi kebanggaan bagi Indonesia jika dia memang terpilih.

"Kalau dia sampai ke situ tentu kehormatan besar sekali untuk Indonesia," kata Luhut dalam acara 'Coffee Morning bersama Menko Maritim', di Kantornya, Jakarta, Senin (14/1).

Meski demikian, Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini tak menampik bahwa posisi nomor 1 di World Bank lumrah ditempati oleh utusan negara penyumbang dana terbesar. "Itu bisa saja kenapa tidak. Tapi itu biasanya dipegang oleh negara yang paling sumbangannya ke sana (World Bank)," ungkapnya.

"Yang kita isi sebenarnya tempat di bawah-bawah itu, seperti tempat Ibu Sri Mulyani waktu itu," imbuhnya.

Dia mengakui bahwa Sri Mulyani merupakan sosok yang kompeten dalam mengurus sektor keuangan. Hal itu dapat dilihat dari kinerjanya ketika menjabat sebagai menteri keuangan RI.

Indonesia tentu mengharapkan bahwa ke depan akan semakin banyak sosok lain yang ahli di bidangnya dan mampu membanggakan Indonesia di mata dunia.

"Kita perlu cari Sri Mulyani-Sri Mulyani lain. Kita kan beruntung ada ibu Sri Mulyani, sangat kredibel, nanti ada Sri Mulyani lain, di World Bank, di IMF," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini