Sirkuit MotoGP di Mandalika Mulai Dibangun Oktober 2019

Selasa, 19 Februari 2019 17:31 Reporter : Merdeka
Sirkuit MotoGP di Mandalika Mulai Dibangun Oktober 2019 sirkuit sentul. ©2015 google

Merdeka.com - Pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dimulai pada Oktober 2019. Untuk tahap awal, pengembang kawasan Mandalika yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC akan membangun infrastruktur dasar seperti jalan track sirkuitnya.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M Mansoer mengaku telah melakukan penandatangan kontrak dengan pihak penyelenggara MotoGP yaitu Dorna. Melalui kontrak ini, Mandalika akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang.

"Secara legalitas kita sudah dapat kontrak untuk MotoGP. Nanti akan ada world announcement (Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP) karena mereka terkait dengan pabrik motornya, sponsor-sponsor," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/2)

Pembangunan yang dilakukan ITDC untuk sirkuit ini yaitu infrastruktur dasar seperti jalan. Untuk pengembangan sirkuitnya, ITDC bekerjasama dengan perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grands Projects untuk melapisi jalan sirkuitnya, pembangunan fasilitas sirkuit dan pengembangan kawasan di sekitar sirkuit.

"Kita tidak bangun sirkuitnya, hanya bangun jalan dasar. Nanti Vinci menjadi investor utama untuk kawasan 131 hektare (ha) itu. Sogo sudah masuk, akan bangun 10 hotel, convention center. Mereka akan bangun semua (kawasan) dalam 15 tahun," kata dia.

Sementara itu, Direktur Kontruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, pembangunan jalan dasar sirkuit akan dilakukan mulai Oktober 2019. Proses pembangunannya diperkirakan memakan waktu sekitar setengah tahun.

"Jadi ITDC berkewajiban bangun infrastruktur dasar dan badan jalan. Nanti Vinci bangun sirkuitnya. Badan jalan dibangun Oktober, 6-9 bulan selesai, nanti dilapis jalanya oleh Vinci," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Sirkuit Sentul
  2. MotoGP
  3. BUMN
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini