Rhenald Kasali soroti perubahan era digital dalam buku barunya

Sabtu, 21 Juli 2018 19:00 Reporter : Merdeka
Rhenald Kasali. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkembangan teknologi digital membawa dampak pada perubahan perekonomian di Indonesia, sehingga momen tersebut harus dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Pakar manajemen perubahan Rhenald Kasali mengatakan, hampir segala lini kegiatan manusia telah mengalami pergeseran, dari kegiatan konvensional beralih ke sistem digital.

Tidak terkecuali pada kegiatan perekonomian ditandai dengan munculnya pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi digital. Hal ini merupakan kajian yang dibukukan dengan judul The Great Shifting.

"Banyak orang mengatakan dunia memasuki era new normal. Tapi apa konkretnya new normal dalam kehidupan baru?" kata Rhenald, dalam peluncuran buku terbarunya, The Great Shifting di Rumah Perubahan, Bekasi, Sabtu (21/7).

Dampak dari peralihan perekonomian konvensional ke sistem digital sudah mulai terbukti dengan tutupnya gerai-gerai perbelanjaan konvensional. Dia pun membantah, fenomena penutupan gerai yang terjadi belakangan ini akibat dari penurunan daya beli.

Rhenald pun menyebutkan, saat gerai konvensional mengalami gulung tikar, di sisi lain kegiatan pengiriman barang meningkat. Kondisi ini dialami perusahaan jasa pengiriman barang yang menunjukkan kegiatan transaksi tetap berjalan.

"Ketika pendapatan masyarakat meningkat, sejumlah produk akan menjadi barang inferior. Dan ini menunjukkan kegagalan para CEO dalam membaca shifting dan terperangkap dalam a blame trap karena terlalu percaya pada pernyataan pelemahan daya beli," tuturnya.

Menurut Rhenald, peralihan tersebut tidak bisa diredam, namun mengikuti perkembangannya dan memperbaiki kebijakan yang telah dibuat sebelumnya. Jika tidak maka akan ditinggalkan konsumen.

"Jangan mereduksi shifting dalam dunia online seakan beralih dari Matahari ke online, itu kecil, para pengusaha regulator harus belajar ini distrupsi rill, memperbaiki kalau tidak mau punah, melakukan shifting," tandasnya.

Reporter : Pebrianto Ekowicaksono

Sumber : Liputan6 [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini