Peminat Mudik Gratis BUMN Menggunakan Kapal Laut Meningkat 87 Persen

Selasa, 28 Mei 2019 16:30 Reporter : Merdeka
Peminat Mudik Gratis BUMN Menggunakan Kapal Laut Meningkat 87 Persen Peminat Mudik Gratis BUMN Menggunakan Kapal Laut Meningkat. ©Liputan6.com/ayulestari wpn

Merdeka.com - PT Jasa Raharja selaku Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN mencatat bahwa jumlah pemudik gratis meningkat sebanyak 26 persen pada Lebaran 2019 ini. Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo S mengatakan, pada 2019 target pemudik gratis sebenarnya hanya 250.338 orang. Namun, sampai sekarang tercatat sudah ada 250.474 orang.

Meskipun meningkat, jumlah peminat moda pesawat terbang mengalami penurunan. Sementara moda kapal laut mengalami peningkatan jumlah peminat.

"Penumpang pesawat terbang sudah mencapai target tapi jumlah peminatnya menurun pengalihannya ke kapal laut peningkatannya mencapai 87 persen dibanding tahun lalu jadi pertumbuhannya cukup signifikan," jelasnya.

Untuk itu BUMN akan memberangkatkan para pemudik disejumlah titik pelabuhan, dengan begitu keberadaan BUMN dapat dirasakan.

"Ada di beberapa pelabuhan seperti Kalimantan Tengah, kemudian Batam ke Medan, Makassar ke Surabaya, Makasar ke Semarang dan wilayah Indonesia di Ambon kita berangkatkan. Jadi keberadaan BUMN dirasakan seluruh masyarakat di Indonesia itu bukti BUMN hadir untuk negeri," tambahnya.

Budi menyebut bahwa besok BUMN juga akan memberangkatkan para pemudik menggunakan kapal laut dari Tanjung Priok Pelabuhan II dengan jumlah pemudik kurang lebih mencapai 2.000 orang.

Selain kapal laut, kereta api juga menjadi pilihan favorit lainnya yang dipilih oleh para pemudik gratis BUMN. Hal ini terlihat dari penambahan jumlah rangkaian kereta menjadi 10 rangkaian yang mulanya hanya 8 rangkaian. Jumlah penumpang juga meningkat dari 4.864 menjadi 6.592 penumpang.

Budi berharap, kegiatan mudik bareng BUMN ini bisa membantu semua masyarakat Indonesia khususnya kalangan menengah ke bawah yang ingin mudik ke kampung halamannya.

Puncak acara keberangkatan Mudik Bareng BUMN ini rencananya akan dilaksanakan di Gelora Bang Karno pada 30 Mei 2018 yang dihadiri oleh 56 Perusahaan BUMN. Pada acara puncak ini juga akan diberangkatkan 540 bis yang akan menuju pulau jawa dan Lampung.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini