Pemerintah prioritaskan keamanan siber di sektor ekonomi

Selasa, 9 Mei 2017 17:32 Reporter : Moch Wahyudi
Pemerintah prioritaskan keamanan siber di sektor ekonomi Menkominfo, Rudiantara. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah memprioritaskan peningkatan keamanan siber (cyber security) di tiga sektor ekonomi. Yaitu, jasa keuangan, transportasi, dan energi.

"Sekarang sedang dalam tahap sosialisasi dan edukasi ke pihak penyelenggara bisnis, semisal perbankan," kata Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara seusai berkeliling di pameran dan konferensi e-commerce di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Selasa (9/5).

Selain itu, menurut Rudiantara, pihaknya juga gencar meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan siber.

"Banyak di antara kita sudah menggunakan e-mail. Saya tanya, kapan terakhir kali ganti password? nggak pernah."

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (idEA) Aulia E. Marinto menyebut Indonesia tak mustahil menjadi kekuatan baru dalam dunia perdagangan elektronik internasional. Meskipun, diakuinya, banyak tantangan harus dihadapi.

Di antaranya, keamanan siber, logistik, dan sumber daya manusia.

"Ke depan, tantangan bakal semakin besar dan berat dan kami harus siap menghadapi ini untuk bisa bersaing di level internasional," katanya.

Tahun ini, pameran diikuti sekitar 150 perusahaan e-commerce. Di antaranya, blanja.com, blibli.com, elevenia, mataharimall.com, OLX, dan lainnya. Untuk konferensi, idEA menghadirkan sekitar 100 pembicara dari dalam dan luar negeri. Event ini bakal berlangsung selama 9-11 Mei 2017. [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini