Pemerintah Jokowi Periode II Naikkan Dana Desa Hingga Rp 400 Triliun

Kamis, 4 Juli 2019 17:47 Reporter : Merdeka
Pemerintah Jokowi Periode II Naikkan Dana Desa Hingga Rp 400 Triliun Eko Putro Sandjojo. ©2017 merdeka.com/purnomo edi

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengatakan lima tahun mendatang pemerintah akan menaikkan dana desa yang sebelumnya Rp 257 triliun menjadi Rp 400 triliun. Dana tersebut nantinya akan dipakai untuk pemberdayaan sumber daya manusia dan ekonomi desa.

"Lima tahun ke depan akan dinaikkan oleh presiden Jokowi menjadi Rp 400 triliun," kata Menteri Eko saat ditemui dalam kegiatan workshop Pengawasan Program Inovasi Desa di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (4/6).

Kemendes berharap peningkatan dana desa ini nantinya bisa memperbaiki desa-desa baik dari segi infrastruktur hingga sumber daya manusia dan perekonomiannya. Maka dari itu, bersama Bank Dunia, Kemendes PDTT membangun kerjasama dalam program Bursa Inovasi Desa.

Program ini nantinya diharapkan dapat menggali ide-ide kreatif yang ada untuk menggunakan dana desanya lebih tepat lagi seperti desa-desa maju di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia akan lebih cepat berkembang menjadi negara maju.

Namun sayangnya, menurut Menteri Eko, hal ini tidak mudah untuk dilakukan dan harus dengan pengawasan yang penuh. Sebab, sebagian besar dari masyarakat Indonesia hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain itu, hal lainnya yang harus dipertimbangkan kata Menteri Eko adalah UMP yang naik dan membuat sektor pertanian mengurangi jumlah pekerjanya. Untuk itu, nantinya akan ada beberapa sektor yang akan menjadi perhatian Kemendes PDTT di antaranya, sektor pariwisata, ekonomi kreatif, pertanian, dan lain sebagainya.

"Hal ini dilakukan supaya perekonomian desa tersebut maju dan tidak ada jumlah pengangguran di desa-desa tersebut," ujarnya.

Menteri Eko juga menjelaskan jika hingga saat ini penyerapan dana desa sudah jauh lebih baik dan meningkat dibanding tahun sebelumnya. "Kalau tahap pertama sudah 100 persen, sementara di tahap kabupaten juga sama. Tapi untuk desanya saya belum cek lagi, namun harusnya tidak ada masalah berarti dan lebih baik dibanding tahun lalu," pungkasnya.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Dana Desa
  2. Ekonomi Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini