Pegawai Kementerian Perhubungan Jalani Test Virus Corona di RSPAD

Senin, 16 Maret 2020 20:10 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pegawai Kementerian Perhubungan Jalani Test Virus Corona di RSPAD Luhut Panjaitan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Sejumlah pegawai Kementerian Perhubungan telah diminta memeriksakan diri ke RSPAD Gatot Soebroto pasca Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona. Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Menteri Perhubungan, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Siapa yang kontak sama Menteri Budi Karya sudah di tes hari ini di RSPAD, untuk memastikan mereka bersih," kata Luhut dalam keterangan persnya melalui akun instagram @kemenkomarves, Jakarta, Senin (16/3).

Lewat telekonferensi dia juga sudah mengadakan rapat dengan para dirjen di lingkungan Kementerian Perhubungan untuk melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Instruksi ini juga sudah dilakukan sejak kemarin sore.

Laporan terakhir yang diterimanya memang ada kekurangan cairan desinfektan. Selain itu dia juga ingin ada alat pengecekan suhu tubuh dan alat pendeteksi buatan dalam negeri.

"Saya cek untuk termo termal dan scanning buatan dalam negeri dari LEN dari bandung supaya bisa dikerjakan segera," tutur Luhut.

1 dari 1 halaman

Menhub Budi Positif Virus Corona

positif virus corona rev1

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dipastikan positif terpapar virus corona atau Covid-19.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi Karya Sumadi, Pak menhub," kata Mensesneg Pratikno kepada wartawan di kantornya, Sabtu (14/3).

Di tempat yang sama, Wakil Kepala RSPAD Albertinus Budi Sulistia mengatakan Menhub berstatus kasus 76. "Seizin pimpinan dan juga seizin keluarga dari pasien nomor 76 yang sudah disampaikan jubir pemerintah untuk penanganan kasus virus corona, benar bahwa pada saat ini pasien 76 sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dan dengan beberapa hasil antara lain hasil lab, confirm untuk Covid-19," tegasnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan Menhub tengah sakit tifus dan asma. Dua penyakit itu disebut-sebut sudah lama ia derita.

"Beliau tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyakit tifus dan asma yang sudah lama diderita," kata Aditia di Jakarta.

Saat ini, Aditia mengungkapkan bahwa Menhub tengah dirawat secara intensif di sebuah rumah sakit. Namun, ia enggan menyebutkan nama rumah sakit tersebut.

Menhub dalam dua pekan terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat Ia bekerja atau menghadiri agenda-agenda penting di mana Ia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Agenda terakhir yang diwakilkan yakni pada Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat, Senin (2/3) dan menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2) di Kementerian Keuangan.

Mobilitas Menhub memang dikenal sangat tinggi. Ia bisa melakukan kunjungan ke beberapa daerah dalam sehari menggunakan helikopter atau pesawat khusus.

Ia juga kerap kali bekerja tujuh hari seminggu tanpa libur untuk mengecek infrastruktur transportasi meskipun Ia memiliki riwayat sakit asma sejak lama.

Menhub Budi Karya jatuh sakit gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Pare Pare, Kertajati dan Indramayu., seperti diberitakan Antara. [idr]

Baca juga:
Kemenhub Minta Anies Evaluasi Kebijakan Pengurangan Armada TransJakarta
Di Tengah Wabah Virus Corona, Kenaikan Tarif Ojek Online Diminta Dipertimbangkan Lagi
Menhub Luhut Minta Transportasi Umum Disemprot Disinfektan 3 Kali Sehari
Tak Hanya Ojol, Tarif Taksi Online Berpeluang Naik
Kemenhub Beberkan Hambatan Penindakan Truk Kelebihan Muatan
Kemenhub Siapkan 1.317 Bus Mudik Gratis untuk 51.525 Orang, Pendaftaran 23 Maret 2020

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini