Minimarket Sampah Bisa Jadi Solusi Atasi Sampah Plastik

Jumat, 3 Mei 2019 17:29 Reporter : Idris Rusadi Putra
Minimarket Sampah Bisa Jadi Solusi Atasi Sampah Plastik Ilustrasi sampah plastik. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Tabanan bekerjasama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa, dan PT HM Sampoerna Tbk menggelar acara puncak Hari Bumi dengan melakukan bersih-bersih lingkungan i sekitar Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Bali. Sekitar lima ratus warga dan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan aktivis lingkungan Andi Fadly Arifuddin ikut dalam acara ini.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, pihaknya turut mendukung upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam menerapkan Peraturan Gubernur Bali No 97 Tahun 2018 yang bertujuan menekan volume limbah plastik. Salah satunya melalui program minimarket sampah, di mana para warga dapat berbelanja kebutuhan dengan menggunakan sampah.

"Saya menargetkan memiliki 10 minimarket sampah," ujarnya di sela-sela acara bersih-bersih lingkungan tersebut.

Bupati dua periode ini pun mengatakan, pihaknya gencar melakukan pelatihan daur ulang sampah kepada warganya. Pelatihan yang turut dibantu pihak swasta, termasuk Sampoerna, turut dilengkapi dengan mesin cacah plastik dan kompos.

"Dalam menyelesaikan permasalahan sampah, jangan sampai ada jalan buntu. Setiap limbah plastik harus bisa di-recycle terus," tegasnya.

Dia juga menggandeng Sampoerna dan pihak lainnya dalam mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah yang mendaur ulang material plastik menjadi produk ramah lingkungan.

Sementara itu, Manajer Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sampoerna, Arga Prihatmoko mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung berbagai upaya pelestarian lingkungan, termasuk yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Salah satunya melalui program yang fokus pada kepemimpinan, sarana dan prasarana, penguatan jaringan, dan berbagi pengetahuan. Acara serupa telah dilakukan di Kabupaten Kepulauan Morotai, Kota Balikpapan.

"Kami berharap kegiatan hari ini dan program yang telah dilaksanakan dapat mendukung inisiatif-inisiatif positif yang telah dilakukan semua pemangku kepentingan terkait di Kabupaten Tabanan sehingga ke depannya dapat tercapai visi misi pengembangan Kabupaten yang telah dicanangkan," tegasnya.

Aktivis lingkungan Fadli terus mendorong para generasi muda untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

"Bumi bukanlah bagian dari kita. Kitalah yang merupakan bagian dari Bumi. Maka itu, kita harus bersama-sama menjaga lingkungan sehingga dapat terus dihuni oleh generasi-generasi mendatang," katanya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini