Menteri Jonan: Baru Dua Provinsi Punya Rencana Umum Energi Daerah

Kamis, 21 Februari 2019 20:33 Reporter : Merdeka
Menteri Jonan: Baru Dua Provinsi Punya Rencana Umum Energi Daerah Menteri Jonan. Nurseffi ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pemerintah daerah (Pemda) membuat perencanaan energi dengan menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, saat ini baru ada dua provinsi yang telah menyelesaikan RUED, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Barat.‎ RUED dibuat sebagai turunan dari Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), kemudian dilanjutkan dengan peraturan daerah (Perda).

‎"Kan itu implementasi dari pada Rencana Umum Energi Nasional, kan tiap daerah seperti Jawa tengah Jawa Barat sudah dibuat dalam bentuk peraturan daerah,‎" kata Jonan usai menghadiri sidang DEN di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (21/2).

Jonan mendorong Provinsi lain mengikuti jejak kedua provinsi tersebut, sehingga dalam perencanaan ke depan setiap daerah memiliki acuan, mengembangkan energi sesuai dengan potensi yang ada‎ di wilayah masing-masing.

"Saya kasih contoh misalnya kelistrikan, kalau ada panas bumi ya pakai panas bumi, ada energi lain ada sungai besar-besar ya pakai hydro itu contoh misalnya. Kalau daerahnya anginnya besar seperti contohnya Jeneponto dan Sidrap ya misalnya itu,‎" papar Jonan.

Saat ini ada 24 Provinsi yang sedang melakukan Program Pembentukan Provinsi Daerah (Propemperda), dibahas bersama DPRD Provinsi masing masing. ‎Terdapat dua Provinsi yang menganggarkan naskah akademis dan Rancangan Perda, yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Kalimantan Barat.

"Nah yang lain lagi persiapan ada beberapa provinsi yang sudah membahas dengan DPRD dan juga ada yang masih sedang menyusun. Nah kita ini mendorong juga kita mohon pada Kementerian Dalam Negeri untuk mendorong hal ini, supaya setiap daerah itu bisa memanfaatkan potensi daerah masing-masing untuk pemanfaatan energi di masa depan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini