Menko Airlangga Sebut Harga BBM Bisa Turun Sebagai Dampak Wabah Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 17:11 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menko Airlangga Sebut Harga BBM Bisa Turun Sebagai Dampak Wabah Virus Corona SPBU. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut bahwa dengan adanya wabah virus corona berpotensi membuat harga minyak dunia turun 10.

"Ya tentu, kita lihat karena virus corona kan sebarannya kan dilihat, " kata Airlangga di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Penurunan harga minyak dunia ini kemudian bisa berdampak pada penurunan harga bensin di Tanah Air. Meski demikian, penurunan harga minyak dunia memang tidak hanya dipengaruhi wabah virus corona.

"Penurunan harga minyak selalu kepada ekonomi Indonesia, antara lain tentu kaitannya dengan impor BBM dan harga BBM," ungkap Airlangga.

1 dari 1 halaman

Harga Minyak Dunia Turun

Diketahui para Investor dunia khawatir penyebaran virus corona akan melemahkan perekonomian global dan menurunkan permintaan akan minyak mentah.

Minyak Brent telah turun sebesar 10 persen sejak 17 Januari atau saat pemerintah China mengumumkan kematian kedua warganya akibat virus corona. Sejak itu penyebaran virus sangat masif hingga pemerintah China membatasi akses transportasi.

"Semakin banyaknya korban jiwa membuat investor khawatir tentang potensi gangguan ekonomi. Harga batubara, besi, dan minyak telah jatuh karena investor mengantisipasi gangguan pasokan pada industri dan perlambatan aktivitas ekonomi," ujar Analis Rabobank. [idr]

Baca juga:
Harga Minyak Dunia Turun 10 Persen Akibat Virus Corona, Harga BBM Bakal Murah?
Paksa Pertamina Beli Minyak Dalam Negeri, Pemerintah Pangkas Alokasi Impor
Minyak Makin Mahal Akibat Konflik Iran-AS, Harga BBM dan Tarif Listrik RI Terdampak
Harga Pertalite di Provinsi Kepri Tertinggi se Indonesia
Harga Turun, Ini Perbandingan Harga BBM Pertamina dengan SPBU Lain
Sofjan Wanandi Khawatir Perang Iran dan AS Buat Harga Minyak Dunia Meroket

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini