Mau berkurban? Intip tips dapat hewan sehat agar tak rugi

Sabtu, 10 September 2016 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Idul Adha Datang Pilih Kambing Sehat Untuk Hewan Qurban. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Berkurban merupakan salah satu tradisi bagi umat Muslim di dunia dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh di bulan Dzulhijjah. Penyembelihan binatang seperti kambing, domba, sapi, atau kerbau dilakukan untuk dipersembahkan kepada Sang Pencipta.

Salah seorang pedagang kambing di Tanah Abang, Jakarta, Amri menuturkan setiap pembeli harus memperhatikan berbagai hal sebelum membeli hewan kurban. Seperti kondisi hewan kurban sesuai dengan ketentuan agama.

"Membeli hewan kurban itu harus sesuai dengan syarat sah kurban. Seperti usia hewan kurban, misalnya sapi atau kerbau berumur 2 tahun, domba atau kambing usianya 1 tahun," kata Amri ketika ditemui merdeka.com, Jumat (9/9).

Selain itu, pembeli harus memastikan bahwa hewan kurban yang dibeli dalam kondisi sehat, "Seperti badannya gemuk, matanya sehat, tidak terserang flu, dan warna bulunya juga cerah," imbuhnya.

Biasanya selama perayaan Hari Raya Idul Adha, Amri memasok kambing sebanyak 70-100 ekor yang berasal dari berbagai peternak di Indonesia. Untuk kali ini, kambing yang dijualnya berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

"Karena di sana kualitas kambingnya bagus. Penampilannya menarik, seperti tanduknya kekar. Warnanya sesuai dengan minat pembeli, ada merah gambir, hitam, putih, dauk (putih kelabu), dan coklat," jelas Amri.

Untuk menjamin kualitas kambing yang dijual, Amri hanya memberikan makanan berupa rumput, kulit jagung, daun pisang, daun nangka. Sementara untuk minumannya, Amri memberi air yang dicampur gula jawa dan garam.

"Minuman itu bagus untuk daya tahan tubuh. Kalau sakit saya hanya memberi vitamin B-complex," pungkas Amri.

Dia menambahkan, pembeli diharuskan membeli hewan kurban sesuai dengan kemampuannya. Amri sendiri menjual kambing sesuai dengan berat badan.

Untuk kambing dengan berat 25-27 kilogram dijual dengan harga Rp 2,5 juta, untuk kambing dengan berat 30 Kg dijual dengan harga Rp 3 juta, dan kambing dengan berat 35 juta dijual dengan harga Rp 3,5 j [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini