Kementerian BUMN Sebut 4 Calon Investor Siap Bantu Sehatkan Jiwasraya

Kamis, 16 Januari 2020 19:20 Reporter : Merdeka
Kementerian BUMN Sebut 4 Calon Investor Siap Bantu Sehatkan Jiwasraya Ilustrasi Jiwasraya. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, ada empat calon investor yang tertarik untuk menyehatkan perusahaan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Keempat calon investor tersebut akan masuk melalui anak usaha Jiwasraya, yakni PT Asuransi Jiwasraya Putra.

"Ada beberapa dari investor luar negeri. Ada tiga dari asing satu dari lokal investornya," kata Kartika usai Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020 di Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (16/1).

Namun, Kartika masih enggan menyebutkan secara rinci nama jelas dari empat investor tersebut. Menurut dia, saat ini Kementerian BUMN bersama dengan Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih terus menggodok skema yang baik untuk penyehatan Jiwasraya.

"Jangan sebut nama nanti mereka takut," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Payung Hukum Holding Asuransi Diteken Februari

Menteri BUMN Erick Thohir, menargetkan pembentukan holding asuransi bisa dimulai pada pertengahan Februari 2020. Holdingisasi merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan Jiwasraya dari masalah gagal bayar.

"Holdingisasi kan baru ditanda tangan prosesnya itu nanti pertengahan Februari. Dari situ, baru bisa terlaksana. Memang kita harus ikuti step-step dari pembentukan holding itu sendiri," kata Menteri Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, pembentukan holding mampu mendatangkan arus kas atau cashflow ke Jiwasraya hingga Rp2 triliun. Selain itu, pendirian anak usaha bernama PT Jiwasraya Putra diharapkan bisa menghasilkan dana hingga Rp3 triliun.

"Lalu juga ada aset saham yang hari ini dideteksi, kita juga kan valuasinya bisa sampai Rp2 triliun sampai Rp3 triliun. Dengan konsep itu ya saving plan bisa berjalan," ujarnya.

Dengan cara itu, pemerintah bisa mengembalikan dana nasabah Jiwasraya secara bertahap. Pemerintah, kata dia, akan segera bertemu dengan DPR untuk membahas prioritas penyelesaian masalah perusahaan asuransi pelat merah itu.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
NasDem Lobi Fraksi Lain, Gerindra Masih Kaji Urgensi Pansus Jiwasraya
Aksi Pekerja Jiwasraya Demo di Depan Kementerian BUMN
Ini Kendaraan Mewah Milik Tersangka Jiwasraya yang Disita
Tolak Panja, PKS Ngotot Ingin Buat Pansus Jiwasraya
Komisi III Panggil Jaksa Agung Terkait Jiwasraya
Jokowi Minta Kejagung Selesaikan Urusan Hukum Jiwasraya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini