Jelang Ramadan, Omzet Pedagang Baju Muslimah di Tanah Abang Naik 2 Kali Lipat

Jumat, 3 Mei 2019 18:07 Reporter : Idris Rusadi Putra
Jelang Ramadan, Omzet Pedagang Baju Muslimah di Tanah Abang Naik 2 Kali Lipat Pasar Tanah Abang. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Omzet penjualan pedagang pakaian Muslimah di Pasar l Tanah Abang, Jakarta meningkat hingga dua kali lipat beberapa hari menjelang Ramadan dibandingkan pekan sebelumnya.

"Animo masyarakat untuk membeli baju menjelang puasa mulai meningkat, itu terasa pada omzet harian yang naik sekitar dua kali lipat dibanding hari-hari kemarin," ujar pemilik Toko "Uncle Zoe Boutique" di Blok A, Pasar Pasar Tanah Abang, Jhon Zepelin ketika ditemui Antara di Jakarta, Jumat.

Pada pekan sebelumnya, dia mengemukakan, rata-rata pendapatannya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per hari. Sementara menjelang puasa mencapai Rp 3 juta - Rp 4 juta per hari.

"Kalau sebelumnya hanya 1-2 kodi, sekarang naik menjadi 3-4 kodi," katanya.

Menurut dia, baju Muslimah model gamis dan tunik menjadi incaran, baik masyarakat Jakarta maupun pedagang daerah. Para pembeli grosiran dari luar kota juga sudah memesan jauh-jauh hari sebelumnya.

"Situasi yang lazim terjadi menjelang bulan puasa, penjualan akan meningkat karena tingginya permintaan," katanya.

Untuk meningkatkan hasil penjualannya, John Zepelin juga mencoba peruntungan dengan menawarkan barang dagangannya melalui daring. Menurut dia, saat ini merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan pedagang seperti dirinya. Milenial lebih suka berbelanja melalui seluler pintarnya.

"Harus mengikuti situasi. Kami juga menjual lewat media sosial. Saya sendiri yang mengelola akunnya," ujarnya.

Dia menambahkan, harga baju gamis dan tunik dijual bervariasi mulai Rp 100.000 - Rp 450.000 per potong, bergantung pada model dan kualitas bahan.

"Baju model gamis lebih mahal dibandingkan tunik. Model tunik bahannya hanya sampai selutut, beda sama gamis yang sampai bawah," paparnya.

Meski permintaan meningkat, dia mengaku belum menaikkan harga jual pakaian karena ketersediaan barang yang masih cukup.

Hal senada diungkapkan pedagang yang berjualan di jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge, yang menyatakan hasil penjualan menjelang puasa meningkat.

Salah satu pedagang baju muslimah di skybridge Komar mengatakan, penghasilannya meningkat menjelang puasa. "Hari biasa sekitar satu kodi, sekarang naik menjadi 4-5 kodi. Harga baju gamis yang saya jual hanya Rp65 ribu rupiah," katanya.

Sementara itu, pengunjung skybridge Pasar Tanah Abang, Inayah mengaku sengaja berkunjung untuk membeli pakaian untuk dirinya dan buah hatinya. "Kalau menjelang puasa kan tidak terlalu padat, daripada nanti mau Lebaran, pasti padat, harganya juga mungkin sudah naik," kata warga Depok di sela-sela memilih pakaian yang dibeli. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini