Jasa Marga Kembangkan Teknologi Pengganti Tapping Kartu di Gerbang Tol

Selasa, 5 November 2019 18:36 Reporter : Merdeka
Jasa Marga Kembangkan Teknologi Pengganti Tapping Kartu di Gerbang Tol Gerbang Tol e-Money. ©2017 merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - PT Jasa Marga (Persero) tengah mengembangkan teknologi pengganti tapping kartu di gerbang tol agar transaksi lebih mudah dan cepat. Saat ini ada dua pilihan teknologi yang bisa dibenamkan di kendaraan pengguna.

"Pertama, menggunakan stiker, ditempel di kendaraan lalu ada alat yang akan otomatis scan stiker tersebut. Kedua, menggunakan OBU (on board unit) yang ditanamkan dalam kendaraan," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/11).

Dia menambahkan, segala hal yang dapat mempercepat transaksi di gerbang tol sedang diupayakan oleh pemerintah. Karena, selain menghemat waktu, tentunya antrean akan semakin sedikit.

"Sistem baru yang sedang dirancang ini diharapkan bisa mengurangi waktu transaksi dari 7 detik menjadi 1-2 detik saja," ujarnya.

Meski demikian, segala inovasi teknologi ini tentu harus menunggu arahan dan regulasi dari pemerintah, karena tentu tidak bisa asal diterapkan. "Tentu saja, kita harus menunggu regulasi dulu untuk teknologi ini," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini