Jasa Marga Incar Dana Rp10 Triliun Tahun Depan

Selasa, 5 November 2019 19:09 Reporter : Merdeka
Jasa Marga Incar Dana Rp10 Triliun Tahun Depan Jasa Marga. ©Liputan6.com/Ilyas Praditya

Merdeka.com - PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan kebutuhan dana sebesar Rp10 triliun untuk pembiayaan beberapa proyek turnkey sejumlah ruas tol. Dana tersebut didapatkan dari penerbitan sekuritisasi aset dan pinjaman dari perbankan.

"Total pembayaran proyek ini kira-kira Rp10 triliun sampai Rp20 triliun. Kita sudah pegang sekitar 70 persennya," ujar Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto di Jakarta, Selasa (5/11).

Eka mengatakan, ada beberapa alternatif pembiayaan yang disiapkan oleh Jasa Marga, diantaranya Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) syariah dengan target pendanaan Rp2 triliun.

Perusahaan akan menggunakan aset dasar pendapatan tiket dari Jalan Tol Lingkar Luar (JORR) Cilincing-Cikunir untuk sekuritisasi aset.

Kemudian, perusahaan juga akan menerbitkan KIK-DINFRA dengan menggunakan underlying salah satu ruas tol Trans Jawa. Selain itu, perusahaan juga berencana menerbitkan zero coupon bond dan step up coupon bond, namun masih belum mendapatkan harga yang cocok.

"Kita pengen harganya sama dengan pinjaman kita yang sebelumnya, saat ini kan sekitar 9,5 persen -9,75 persen di anak usaha," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini