Ini sektor kunci perbaikan ekonomi Lombok usai dilanda gempa

Jumat, 31 Agustus 2018 18:19 Reporter : Merdeka
Ini sektor kunci perbaikan ekonomi Lombok usai dilanda gempa Bambang Brodjonegoro. ©staf humas kementerian PPN/Bapenas

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, gempa yang mengguncang Lombok turut berakibat pada perlambatan pertumbuhan ekonomi. Berbagai instansi pemerintah pusat telah membuat perhitungan dan asesmen terhadap dampak bencana.

"Memang perkiraan kami, akibat gempa ini, pertumbuhan ekonomi Lombok akan melambat," ucap dia di Rapat Tingkat Menteri di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (31/8).

Selain itu, gempa bumi pun juga berpengaruh terhadap tingkat inflasi, kemiskinan hingga pengangguran di Pulau Lombok. Untuk mengatasi hal tersebut, Bambang menyatakan, tahap rekonsiliasi menjadi sangat penting.

Untuk itu, pemerintah harus mempelopori terselenggaranya program padat karya tunai serta membangkitkan sektor pariwisata Lombok.

"Penting juga menjalankan program padat karya tunai. Kedua, dengan keterbatasan, kita akan bangkitkan kembali pariwisata. Jadi selain tahap rekon pemulihan kegiatan ekonomi dan sosial juga dibutuhkan dan penting," tutur dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini