Ini 5 Sektor Industri Ekspor Andalan Perbaiki Neraca Perdagangan

Rabu, 19 Desember 2018 18:54 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ini 5 Sektor Industri Ekspor Andalan Perbaiki Neraca Perdagangan Pertumbuhan ekspor kuartal III. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa pihaknya akan fokus memacu kinerja lima sektor industri berbasis ekspor yang mendapat prioritas pengembangan sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Lima sektor tersebut, yakni makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronika, dan kimia.

"Jadi, pada tahun depan (2019), kami akan genjot sektor itu agar juga mampu meningkatkan ekspor, terutama yang punya kapasitas lebih. Selain itu dapat mendorong pengoptimalan tingkat komponen dalam negeri (TKDN)," kata Menteri Airlangga pada jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (19/12).

Menteri Airlangga mengatakan, langkah mendongkrak kinerja industri manufaktur berorientasi ekspor menjadi perhatian utama pemerintah guna memperbaiki neraca perdagangan. Dengan demikian, langkah tersebut akan semakin memperkuat struktur perekonomian nasional.

"Apalagi, selama ini produk manufaktur sebagai kontributor terbesar pada nilai ekspor kita," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksikan nilai ekspor produk industri pengolahan nonmigas hingga akhir tahun dapat mencapai USD 130,74 miliar. Jumlah ini naik sebesar 4,51 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD 125,10 miliar.

Menteri Airlangga mengatakan, saat ini ekspor produk industri pengolahan nonmigas telah memberikan kontribusi sebesar 72,28 persen dari total ekspor 2018. Hal ini menandakan produk lokal dalam negeri mampu berdaya saing di pasar global.

"Industri pengolahan kontribusinya kepada ekspor itu 72,28 persen. Dan ekspor kita (diperkirakan) sebesar USD 130,74 miliar," katanya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini