Fitch temui Menko Darmin, ini yang dibicarakan

Rabu, 22 November 2017 20:37 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Fitch temui Menko Darmin, ini yang dibicarakan Darmin Nasution. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, melakukan pertemuan dengan Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch). Menko Darmin mengatakan, dalam pertemuan itu membicarakan perkembangan ekonomi Indonesia.

"Mereview perkembangan ekonomi Indonesia, biasanya nanti setelah nanti beberapa bulan mereka memberikan opini. Apa positif atau apa, atau apa gitu," kata Menko Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/11).

Menko Darmin pun belum bisa memastikan mengenai rencana kenaikan rating Indonesia. Menurutnya, pertemuan itu lebih banyak soal perbaikan iklim investasi dan reformasi struktural.

"Tapi kita termasuk yang terakhir. Karena saya kan beberapa hari ini tidak di sini. Mereka sudah ngomong dengan banyak menteri sebenarnya. Jadi saya tadi itu tidak banyak lagi menjelaskan nilai makronya. Lebih banyak bertanyanya mengenai iklim investasi, struktural," tandasnya.

Untuk diketahui, Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (Investment Grade) pada 20 Juli 2017. Fitch memberikan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada level BBB-/positive outlook.

Ada beberapa alasan Fitch memberi peringkat tersebut, antara lain yaitu beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, dan eksposur Pemerintah yang terbatas atas risiko sektor perbankan.

Namun demikian, Fitch juga mencatat dua hal yang menjadi perhatian yaitu sektor eksternal yang masih perlu diperkuat dan faktor struktural perihal tata kelola dan lingkungan bisnis yang masih perlu ditingkatkan. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini