Fitch naikkan peringkat RI, bos OJK girang Indonesia makin dilirik investor asing

Kamis, 21 Desember 2017 20:28 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Fitch naikkan peringkat RI, bos OJK girang Indonesia makin dilirik investor asing Ketua OJK Wimboh Santoso. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Rating utang Indonesia naik menjadi 'BBB' dari semula 'BBB-' dengan outlook tetap stabil. Rating tersebut diberikan oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, mengatakan dengan naiknya peringkat rating utang maka Indonesia berpeluang untuk menurunkan tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh obligasi. Sebab, risiko utang Indonesia dinilai lebih aman bagi investor.

"Dengan risiko yang lebih rendah kita mestinya, perusahaan Indonesia kalau mengeluarkan surat hutang, yieldnya akan murah, tidak terlalu mahal," kata Wimboh, di Kantornya, Jakarta, Kamis (21/12).

Naiknya peringkat utang, otomatis kepercayaan investor luar negeri kepada investasi di Indonesia juga akan meningkat. "Dengan adanya Fitch Rating, ini menambah keyakinan investor bahwa Indonesia ini akan lebih aman untuk investasi ke depan," ujarnya.

Wimboh mencontohkan, saat ini surat utang global (global bond) berdenominasi Rupiah milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang diberi nama Komodo Bond, telah berhasil memikat para investor di kancah internasional.

Permintaan Komodo Bond yang dicatatkan di Bursa Efek London (LSE), mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) mendekati empat kali. Padahal, merupakan penerbitan perdana obligasi global berdenominasi Rupiah dengan tingkat yield yang tidak terlalu tinggi.

"Ini momentum yang bagus, tidak heran makanya waktu Jasa Marga listing di London Stock Exchange, yieldnya hanya 7,5 persen. Padahal Ini pertama kalinya perusahaan Indonesia listing dalam rupiah dan murah, lebih murah dari pinjaman bank dalam negeri." [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini