Faisal Basri Ungkap Modus Korupsi Lewat Bank BUMN

Senin, 30 September 2019 17:39 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Faisal Basri Ungkap Modus Korupsi Lewat Bank BUMN Ekonom senior INDEF Faisal Basri. ©2019 Merdeka.com/Anggun P Situmorang

Merdeka.com - Ekonom Faisal Basri mengungkapkan selama ini ada praktik korupsi yang luput dari perhatian publik, yaitu korupsi melalui salah satu bank milik negara. Namun sayangnya dia enggan menyebutkan nama bank BUMN tersebut.

"Ini adalah modus korupsi melalui bank BUMN. (Tapi) saya minta maaf saya tidak bisa menyebutkan nama banknya di forum resmi ini," kata dia dalam diskusi bertajuk Politik Ekonomi Korupsi, di Kantor INDEF, Jakarta, Senin (30/9).

Dia menjelaskan, modusnya adalah Bank BUMN terus memberikan utang kepada proyek-proyek yang gagal. Namun anehnya pinjaman tersebut status pembayarannya, baik pinjaman pokok maupun bunganya, lancar meski proyeknya gagal dan tidak menghasilkan untung sama sekali.

"Nah yang bayar cicilan bunganya adalah holding-nya di Singapura atau di Luar Negeri. Bayarnya lancar kan. Statusnya di mata bank itu kreditnya lancar padahal enggak lancar," ujarnya.

Dia juga mempertanyakan peran OJK karena utang itu diperlakukan sebagai utang lancar, lalu naik lagi. Jika proyek macet atau tidak memproduksinya, menurut Faisal, itu sangat berbahaya.

"Ini true story ya, bayarnya lancar, jadi uang dari luar negeri masuk ke bank, uang dari luar negeri nya barangkali dari Indonesia hasil korupsi dibawa ke luar negeri kemudian dicuci dalam bentuk bayar cicilan dan bunga ke Indonesia lewat proyek yang gagal itu," jelasnya.

Selain itu, modusnya adalah ketika utang proyek A buruk atau macet, maka diusulkan proyek B untuk membiayai proyek A. Jadi, lanjutnya, orang yang memperoleh pinjaman dari bank adalah orang itu-itu lagi. Bahkan orangnya merupakan yang berada di lingkaran kekuasaan.

"Itu 4L, Lu Lagi Lu Lagi. Saya pengen menyebutkan, ada pejabat yang sedang menjabat, ada mantan ketum partai, ada mantan pimpinan tinggi negara, jadi dont push me menyebut nama karena ini janji saya," tutupnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini