Dua gerai Matahari ditutup, ini kata Mendag Enggar

Senin, 18 September 2017 17:09 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Dua gerai Matahari ditutup, ini kata Mendag Enggar Mendag Enggartiasto di Malang. ©2017 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita angkat bicara terkait tutupnya dua gerai Matahari Departement Store di Pasaraya Blok M dan Pasaraya Manggarai. Menurutnya, hal tersebut tidak menandakan adanya penurunan daya beli.

"Bagus kan. Ada yang buka, ada yang tutup. Jangan dilihat saja yang tutup, yang tutup tentu ada alasan," ujar Mendag Enggar saat ditemui di Hotel Aryadutha, Senin (18/9).

Menurutnya, Matahari tidak mengalami kerugian secara keseluruhan atas ditutupnya dua gerai tersebut. Sebab, kata Enggar, pembukuan tahunan Matahari Departement Store mengalami kenaikan laba.

"Sederhana saja. Lihatlah dia yang dari yang sudah public listed company bagaimana kinerjanya bagaimana rugi labanya bagaimana dia reviewnya peningkatannya. Membukukan penerimaannya lebih tinggi year on year," lanjutnya.

Enggar mengaku penutupan gerai yang tidak potensial bisa melakukan efisiensi tetapi laba bersihnya tetap akan meningkat karena gerai di daerah lain diperkirakan akan meningkat.

"Di tempat itu sepi, di tempat lain yang ramai jadi yang sepi tutup saja yang ramai buka. Tidak ada keterkaitannya kalau sekarang terjadi pergeseran lokasinya juga bergeser maka itu sangat wajar sekali kalau kita lihat sekarang. Pergeseran itu sesuatu yang wajar sekali bukan karena daya beli menurun," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini