Di China, beli pesawat Boeing 747 senilai Rp 652 miliar bisa lewat situs online

Rabu, 22 November 2017 19:53 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Di China, beli pesawat Boeing 747 senilai Rp 652 miliar bisa lewat situs online Boeing 747. Business Insider©2015

Merdeka.com - Taobao, sebuah situs jual beli online milik Alibaba, baru saja menjual dua pesawat Boeing 747 dari tiga yang ditawarkan. Perusahaan distributor, SF Express, menjadi pembeli dua pesawat tersebut dengan nilai USD 48,3 juta atau setara Rp 652,9 miliar.

Dilansir dari CNN Money, Rabu (22/11), dua pesawat dari tiga yang dijual tersebut sudah ditawarkan dalam enam lelang sebelumnya dan tak juga laku. Alibaba mengatakan tiga pesawat tersebut sebelumnya ialah milik perusahaan Jade Cargo International yang bangkrut 2013 silam.

Dua pesawat tersebut diikutsertakan dalam lelang online di Taobao yang menyediakan kategori khusus untuk barang-barang milik perusahaan yang bangkrut. Peserta lelang diharuskan mendeposit uang sebesar USD 1 juta untuk ikut lelang online ini.

Sebelumnya, Taobao telah juga berhasil menjual pesawat namun dengan model kecil di 2013. Akan tetapi, prestasi Taobao ini belum mampu memecahkan rekor penjualan online dunia.

Di mana, pada 2006, eBay sukses menjual perahu layar bernama Gigayacht seharga USD 168 juta atau setara Rp 2,2 triliun. [bim]

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. Alibaba
  3. Pesawat
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini