Dampak Penyerangan Kilang Minyak Saudi Terbesar Sepanjang Sejarah

Sabtu, 28 September 2019 10:30 Reporter : Siti Nur Azzura
Dampak Penyerangan Kilang Minyak Saudi Terbesar Sepanjang Sejarah Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyerangan kilang minyak milik Arab Saudi oleh 10 pesawat tanpa awak (drone) menyebabkan produksi minyak Arab Saudi berkurang 5,7 juta barel per hari. Dampak ini dinilai sangat besar, mengingat obyek penyerangan merupakan 2 kilang minyak terbesar di dunia.

Kepala Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro, mengatakan dampak penyerangan ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah. Bahkan, lebih besar dari krisis minyak di 1979 atau guncangan minyak terjadi di dunia karena penurunan produksi minyak setelah Revolusi Iran, yang menyebabkan gangguan pasokan minyak hingga 5,6 juta barel per hari.

Tak hanya itu, penyerangan kilang minyak Arab Saudi juga lebih besar dari krisis minyak di 1973 ketika anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Arab (OPEC) mengumumkan embargo minyak. Sehingga mengganggu pasokan minyak sebesar 4,3 juta barel per hari.

"Dampak dari penyerangan minyak di Arab Saudi ini termasuk yang terbesar sepanjang sejarah. Bahkan lebih besar dari Revolusi Iran dan perang Arab dan Israel," kata Andry di Bali, Sabtu (28/9).

Menurutnya, dampaknya tidak akan terlalu besar jika pemulihan terhadap kerusakan kilang minyak oleh Arab Saudi yang cepat, sehingga harga minyak akan kembali normal. Seperti diketahui, usai penyerangan tersebut, harga minyak dunia melonjak mencapai level tertinggi sejak Mei.

Selain itu, penyerangan pada kilang Saudi juga berdampak pada harga komoditas, namun hanya sementara karena faktor geopolitik. "Ada faktor Amerika Serikat juga di situ (penyerangan), di mana mereka juga punya kepentingan untuk menjaga tingkat inflasi domestiknya supaya suku bunganya bisa kembali turun. Jadi kalau misalnya ada supply shock (guncangan penawaran), kemungkinan mereka juga bisa menambah supply-nya," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Miliuner ini Makin Kaya Rp...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini