Beri Persaingan Garuda Indonesia dan Lion Air, Darmin Dukung Maskapai Asing Masuk RI

Rabu, 5 Juni 2019 16:06 Reporter : Merdeka
Beri Persaingan Garuda Indonesia dan Lion Air, Darmin Dukung Maskapai Asing Masuk RI Bandara Soekarno Hatta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ide mendatangkan maskapai asing untuk beroperasi di Indonesia. Selain Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perekonomian (Menko) Darmin Nasution juga mendukung akan ide ini.

"Memang kenapa harga tiket naik? Ya tentu karena ada langkah-langkah internal dari perusahaan-perusahaan penerbangan kita. Mereka bisa lakukan itu karena pesaingnya hanya duopoli," jelasnya saat ditemui dalam acara Open House di Kediaman Dinasnya, di Jalan Widya Chandra IV Nomor 17, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Menko Darmin menambahkan saat ini maskapai di Indonesia hanya ada dua kelompok besar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Jadi perubahan harga tiket pesawat tidak akan jauh berbeda diantara kedua kelompok besar maskapai ini.

Maka dari itu, Menko Darmin nampak begitu setuju akan ide Presiden Jokowi yang ingin memasukan maskapai asing di Indonesia. Agar dua kelompok maskapai tersebut dapat bersaing dan menurunkan harga tiketnya. Namun, diakui hal ini tetap beresiko.

"Maskapai-maskapai penerbangan lokal ini tentunya akan teriak ‘uaaaa ini jadi susah!’," jelasnya.

Meskipun demikian, pemerintah akan terus mendukung hal ini. Sebab, menurut Menko Darmin, agar harga tiket pesawat tidak naik setajam seperti saat ini dibutuhkan lebih banyak persaingan.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi
Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini