Alfamart buka 800 gerai baru tahun ini

Senin, 2 April 2018 18:57 Reporter : Idris Rusadi Putra
Alfamart buka 800 gerai baru tahun ini Alfamart. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) akan menambah jaringan toko dengan membuka 800 gerai baru pada tahun ini, baik di Pulau Jawa maupun bagian timur Indonesia.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hans Prawira mengatakan, Alfamart hingga akhir Desember 2017 telah memiliki 13.477 jaringan toko di berbagai wilayah Indonesia.

"Hingga akhir Desember 13.477 toko. Target tahun ini 800 toko, kalau tahun lalu pembukaan gerai 1.111 toko," kata Hans.

Ada pun dari 800 gerai baru yang akan dibuka, terdiri dari 150 toko waralaba dan 650 toko reguler.

Hans menyebutkan lokasi gerai baru yang akan dibuka disesuaikan dengan letak pusat distribusi, yakni secara umum di Pulau Jawa dan sekitar 50 persen menyasar luar Pulau Jawa seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut dia, pembukaan gerai di luar Pulau Jawa tersebut potensial dan terbukti mengangkat daya beli masyarakat. Perusahaan juga akan mengoptimalkan pusat distribusi yang cenderung belum dimanfaatkan.

"Distribution center kami ada 32. Tentunya DC yang masih 'under utilized' ingin kami optimalkan. Di luar Pulau Jawa itu kan relatif masih baru, jadi kami akan coba genjot investasi dan ekspansi di sana," kata dia.

Meski jumlah pembukaan gerai baru pada tahun ini lebih sedikit dibandingkan 2017, perusahaan lebih selektif dalam menentukan lokasi gerai baru tersebut demi mempertimbangkan peningkatan laba. "Kami akan lebih selektif karena pertimbangan 'profitability' yang penting untuk kita evaluasi. Kami tidak ingin terus menambah toko, tetapi kanibalisasi terjadi," kata Hans.

Pada tahun ini, Sumber Alfaria Trijaya mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 2,3 triliun baik untuk menambah gerai baru dan memperpanjang masa sewa dari toko-toko lama yang ada sekitar 1.000 unit.

Selain memiliki jaringan sebanyak 13.477 toko di wilayah Indonesia, Alfamart juga memiliki 400 toko di Filipina, sebagian besar di Kota Manila dan direncanakan terus ekspansi ke kota lainnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini