Ada Aksi 22 Mei, Pedagang Pasar Tanah Abang Telan Kerugian Rp100 Miliar per Hari

Rabu, 22 Mei 2019 17:01 Reporter : Merdeka
Ada Aksi 22 Mei, Pedagang Pasar Tanah Abang Telan Kerugian Rp100 Miliar per Hari Blok G Pasar Tanah Abang. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pedagang mengaku rugi dengan ditutupnya di Pasar Tanah Abang pada hari ini. Penutupan tersebut terkait dengan adanya aksi 22 Mei di Jakarta.

Ketua Koperasi Pedagang Tanah Abang, Yasril Umar mengatakan, total kerugian yang diterima oleh para pedagang Pasar Tanah Abang diperkirakan mencapai Rp100 miliar.

"Kerugian kalau saya hitung-hitung bisa Rp50 miliar-Rp 100 miliar per hari," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (22/5).

Saat ini, jumlah pedagang di Pasar Tanah Abang mencapai 25 ribu orang. Para pedagang ini tersebar di sejumlah blok yang menjadi bagian dari pasar tersebut.

"Jumlah pedagang kalau digabungkan semua mungkin ada sekitar 25 ribu pedagang. Kios yang ada di sini sekitar 25 ribu pedagang," kata dia.

Menurut Yasril, rata-rata omzet pedagang Pasar Tanah Abang mencapai Rp2 juta per hari. Namun, kerugian yang diterima pedagang bisa lebih besar mengingat saat Ramadan dan jelang Lebaran transaksi di pasar tersebut cenderung meningkat.

"Anggap kalau 25 ribu pedagang dikalikan Rp2 juta per hari, itu sudah Rp50 miliar. Apalagi ini mau Lebaran, omzet mereka (pedagang) lebih dari itu kan. Kan ada yang Rp50 juta per hari, ada yang Rp100 juta," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini