Harmonis adalah Istilah yang Berkesinambungan dengan Harmoni, Ini Beragam Jenisnya

Kamis, 18 Agustus 2022 11:54 Reporter : Billy Adytya
Harmonis adalah Istilah yang Berkesinambungan dengan Harmoni, Ini Beragam Jenisnya Ilustrasi bermain piano. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Dainis

Merdeka.com - Harmonis adalah sebuah istilah yang merujuk pada kata harmoni dan mempunyai arti serta makna selaras atau serasi. Harmoni dapat Anda maknai dan kerapkali digunakan dalam beragam bidang kehidupan, utamanya adalah filsafat dan juga musik.

Harmonis merupakan kata yang biasa disandingkan dengan hubungan antarmanusia. Kata paling kerap didengar yang menggunakan kata harmonis adalah 'keluarga yang harmonis' yang bermakna keluarga serasi atau pun selaras.

Harmonis adalah sebuah istilah yang memiliki arti seia sekata. Biasanya hal itu ada kaitannya dengan rasa, gagasan, aksi serta minat. Guna memahami makna dari kata ini, Anda sebenarnya perlu mengenali harmoni lebih dalam.

Dirangkum dari beragam sumber, Kamis (18/8) berikut ulasan tentang harmonis adalah yang lengkap dengan ragam jenisnya.

2 dari 5 halaman

Harmonis adalah

Harmonis adalah salah satu istilah yang asalnya dari kata harmoni. Sedangkan dalam bahasa Yunani, harmoni ialah harmonia yang mempunyai arti terikat secara serasi atau sesuai. Harmonis ialah istilah yang bersangkutan dengan (mengenai) harmoni atau seia sekata, sedangkan harmoni adalah pernyataan aksi, rasa, gagasan hingga minat.

Di bidang filsafat, harmoni atau harmonis ini merupakan kerja sama antara berbagai faktor dengan sedemiian rupa hingga faktor-faktor menghasilkan suatu kesatuan luhur. Contoh yang seharusnya didapatkan harmoni antara jiwa jasad seorang manusia, kalau tidak, berarti orang itu belum tentu disebut sebagai satu pribadi.

Sementara dalam bidang musik sejak abad pertengahan, pengertian harmoni tak mengikuti pengertian yang pernah ada sebelumnya. Harmoni bukan lagi menekankan pada urutan bunyi dan nada yang serasi, namun keserasian nada secara bersamaan. Secara singkat, harmoni atau harmonis adalah ketertiban alam dan prinsip atau hukum alam semesta.

3 dari 5 halaman

Konsep Harmoni

Harmoni nyatanya memiliki sebuah konsep. Konsep dari harmoni atau harmonis itu sendiri ialah sebagai berikut.

Pertama adalah perbedaan antarunsur atau keragaman. Lalu disusul dengan konsep yang kedua yang menegaskan tentang timbal balik.

Ada pun konsep harmoni yang ketiga ialah menuju kesatuan yang luhur.

Ragam Jenis Harmoni

Orkes Harmoni

Ragam harmoni yang pertama adalah orkes harmoni. Ini merupakan seperangkat orkes yang secara khusus meliputi alat-alat musik tiup dari kayum, logam dan juga alat musik pukul yang bisa dilengkapi dengan bas-kontra.

Aliran Harmoni

Ragam harmoni yang kedua ialah aliran harmoni. Yang merupakan suatu aliran dalam seni musik yang membicarakan tentang hubungan antara satu nada dan nada lainnya.

Kaidah yang dikemukakan oleh seorang komponis dan ahli teori musik bernama Jean Philippe Rameau (1683-1764) merupakan landasan dasar dalam senin musik hingga akhir abad ke-19. Sementara pada abad ke-20 terciptalah efek-efek harmoni baru lantaran adanya penggunaan penadaan baru.

Pola Harmoni

Ragam harmoni berikutnya adalah pola harmoni. Yang merupakan sebuah usaha guna mempertemukan beragam pertentangan dalam masyarakat. Itu diterapkan pada hubungan sosial ekonomi untuk menunjukkan jika kebijaksanaan sosial ekonomi paling sempurna hanya bisa dicapai dengan meningkatkan permusyawaratan antara anggota masyarakat. Pola ini dikenal sebagai pola intergarasi.

4 dari 5 halaman

Teori Harmoni Dasar

Trisuara dan Tingkatan

Trisuara atau Triad jika kita membangun tiga nada yang berjarak masing-masing terts di atas suatu nada alas, maka akan diperoleh suatu akord yang disebut dengan tri-suara atau triad.

Tingkatan Trisuara

Masing-masing nada dari suatu tangga nada bisa dibentuk tri-suara, dengan masing-masing tingkatan sebagai berikut ini:

- Nada I disebut Tonik

- Nada II disebut Super-Tonik

- Nada III disebut Median

- Nada IV disebut Sub-Dominan

- Nada V Dominan

- Nada VI Sub-Median

- Nada VII Leading tone

- Nada VIII Oktav

5 dari 5 halaman

Rangkaian Harmoni

Nada Tambahan

Untuk nada-nada lain yang tak masuk ke dalam nada harmoni bisa dipakai bersamaan, maka dibuat ketentuan sebagai berikut ini seperti dikutip dari Liputan6:

- Nada yang berada di antara dua nada harmoni pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah disebut nada sisipan (passing note), karena berada di antara nada harmoni tersebut.

- Nada yang berada di antara nada harmoni pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah tetaapi pada pukulan kuat disebut nada pendahulu (appogiatura), karena berada di antara nada harmoni tersebut tetapi pada hitungan yang kuat.

- Nada yang berada di antara dua nada harmoni yang sama, jadi pada waktu melodi bergerak ke atas atau ke bawah kemudian kembali lagi, disebut nada bantu (auxiallary note), karena berada di antara nada harmoni di mana nada tersebut kembali lagi semula.

- Nada yang berada di antara nada harmoni pada waktu melodi bergerak secara bergantian ke atas atau ke bawah disebut nada ganti (changing note), karena secara berganti arah.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini