Uji Coba Dark Mode di iPhone OLED, Tunjukkan Bukti Nyata Baterai Makin Awet!

Jumat, 25 Oktober 2019 17:12 Reporter : Indra Cahya
Uji Coba Dark Mode di iPhone OLED, Tunjukkan Bukti Nyata Baterai Makin Awet! Ilustrasi Dark Mode iOS 13. ©2019 techradar.com

Merdeka.com - Dark Mode adalah fitur utama di iOS 13 dan juga Android 10, serta beberapa laman antarmuka yang menerapkannya seperti One UI dari Samsung. Modus gelap ini disebut sebagai salah satu cara penghematan baterai. Apakah benar?

Jawabannya adalah ya. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan oleh PhoneBuff, hal ini benar adanya. Metode ujicoba yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan perangkat robot untuk melakukan dua perilaku yang sama untuk dua iPhone yang sama (iPhone XS), namun salah satunya menggunakan dark mode.

Deretan performa yang dilakukan adalah menonton YouTube, scrolling Twitter, nevigasi Google Maps, serta chatting di aplikasi iMessage.

1 dari 2 halaman

Hasilnya

Dari hasilnya, ditemukan bahwa ketika menggunakan light mode, iPhone XS perangkatnya terlebih dahulu mati. Di waktu yang sama, iPhone XS dengan dark mode masih menyisakan baterai sebesar 30 persen.

Angka ini tentu luar biasa, mengingat perubahan hanya ada di gelapnya tema yang ada di dalam antarmuka kita.

Meski demikian, 30 persen baterai bisa jadi masih kurang signifikan bagi beberapa orang yang segala sesuatunya dilakukan di iPhone. Jadi jika Anda ingin hemat baterai, pakailah dark mode. Khusus untuk iPhone berpanel layar OLED, yakni iPhone X, XS, XS Max, 11 Pro, serta 11 Pro Max.

Berikut videonya:

2 dari 2 halaman

Layar OLED Lebih Cocok Gunakan Dark Mode

Dark mode memang sangat pas untuk digunakan di smartphone layar OLED. Pasalnya layar OLED mematikan piksel di tampilan warna hitam. Berbeda dengan panel LCD yang akan selalu menyala meski menampilkan warna hitam.

Hal ini akan membuat jika keseluruhan tema berwarna hitam seperti di dark mode, daya yang diserap layar dari baterai pun hanya sedikit.

Matinya piksel di warna hitam ini juga yang membuat kontras warna dari panel layar OLED ini juga sangat baik, karena warna hitamnya jadi sangat hitam. [idc]

Baca juga:
Samsung Perkenalkan Prosesor Terbaru, Akan Motori Samsung Galaxy S11!
Motorola Perkenalkan 4 Smartphone Baru, Semua Murah dan Fokus di Kamera!
RED Hydrogen Phone Akhirnya Berhenti Produksi
Nokia 9.1 PureView Baru Akan Diluncurkan tahun Depan
Tidak Mulusnya Huawei Bangun Industri 5G
Huawei Mate X Segera Dijual November, Ini Harganya!
Samsung Hadirkan Galaxy M30s di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Topik berita Terkait:
  1. IPhone
  2. Smartphone
  3. IOs
  4. Android 10
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini