Rekam Riwayat Brosing dan Lokasi Google Akan Terhapus Otomatis

Jumat, 3 Mei 2019 19:00 Reporter : Indra Cahya
Rekam Riwayat Brosing dan Lokasi Google Akan Terhapus Otomatis Kantor Google. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Di masa depan, kita tak perlu repot menghapus riwayat browsing dan lokasi secara manual, karena Google akan melakukannya secara otomatis.

Google dikabarkan akan meluncurkan fitur baru, New Auto-Delete Controls, yang memungkinkan semua riwayat pencarian dan lokasi terhapus secara otomatis.

Dikutip Geek via Tekno Liputan6.com pada Kamis (2/5/2019), fitur ini sebetulnya sudah diumumkan perusahaan pada akhir April 2019.

Kehadiran fitur tersebut diklaim bisa memudahkan pengguna dalam menghapus dan mengatur data riwayat pencarian mereka.

Nantinya, pengguna hanya perlu mengunjungi akun Google mereka untuk mengakses toggle on and off control pada pengaturan Location History dan Web & App Activity, sehingga nantinya pengguna bisa memilih untuk menghapus bagian secara manual atau otomatis.

Asyiknya lagi, fitur ini juga memungkinkan pengguna menghapus riwayat pencarian dan lokasi sesuai dengan waktu yang diinginkan, entah itu beberapa minggu, beberapa bulan, atau lebih dari satu tahun.

Google menyebut bahwa fitur ini akan segera digulirkan dalam waktu dekat. Meski belum bisa diakses secara utuh, pengguna sudah bisa melihat fitur ini dalam laman Activity Control di akun Google.

Hal ini senada dengan apa yang dilakukan oleh Facebook, di mana perusahaan besutan Mark ZUckerberg tersebut sedang mengerjakan 'pengurangan permanen' agar tak lagi ada catatan permanen soal jejak rekam pengguna di Facebook.

Hal ini dilakukan Facebook untuk menghindari pengambilan data rekam pengguna. Selain itu pengamanan data storage juga akan dilakukan untuk memastikan privasi lebih terjaga.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Jeko I.R. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini