Luar Biasa, Domain .id Raih Pertumbuhan ccTLD Tertinggi di Dunia

Kamis, 8 April 2021 19:20 Reporter : Syakur Usman
Luar Biasa, Domain .id Raih Pertumbuhan ccTLD Tertinggi di Dunia jumpa pers PANDI 2021 tentang kinerja nama domain .ID. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Domain .id (Indonesia) meraih pertumbuhan tertinggi di dunia untuk kategori kode negara domain tingkat tinggi (ccTLD), berdasarkan data Asosiasi Pendaftaran Domain Tingkat Tinggi Negara di Eropa (CENTR).

Menurut data CENTRstats yang dirilis kuartal empat 2020, pertumbuhan domain .id mencapai 40 persen, tertinggi di dunia. Disusul domain .cy (Siprus) dengan pertumbuhan 23 persen dan .ar (Argentina) sebanyak 22 persen.

Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Pengembangan Bisnis dan Kerjasama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), menjelaskan CENTR merilis data pertumbuhan domain tingkat tinggi di seluruh dunia termasuk ccTLD dan domain global (gTLD). PANDI senang atas pencapaian yang diraih domain .id. Raihan ini tidak lepas dari strategi marketing yang dijalankan PANDI selaku tegistri domain .id.

"Capaian ini juga tidak lepas dari strategi pemasaran yang PANDI jalankan, dengan melihat situasi dan kondisi saat ini, tentu membutuhkan treatment berbeda dalam melakukan penetrasi. Berkat kerja keras PANDI selama ini, berimbas pada peningkatan jumlah pengguna domain .id," ujar Gunawan dalam keterangan resminya, Kamis (8/4).

CENTR saat ini memiliki 53 anggota penuh dan 9 anggota asosiasi. Lembaga ini bertanggung jawab terhadap lebih dari 80 persen semua nama domain kode negara yang terdaftar di seluruh dunia. Tujuan dari CENTR adalah mempromosikan dan berpartisipasi dalam pengembangan standar tinggi dalam pendaftaran ccTLD.

CENTR juga mencatat permintaan pembelian domain mencapai puncaknya pada November 2020 dengan data peningkatan rata-rata 27 persen dari tahun ke tahun (CENTR30).

Peningkatan jumlah domain yang mengalami tren kenaikan yang sangat positif di tahun 2020, bahkan menyita perhatian Pengelola Domain Tingkat Asia Pasifik (APTLD). Pasalnya peningkatan pengguna domain .id yang signifikan tersebut, merupakan torehan tertinggi se-Dunia. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini