Ini Mekanisme Unik Anjing dan Kucing Kala Minum, Tanpa Gelas pun Jadi!

Sabtu, 30 November 2019 09:00 Reporter : Indra Cahya
Ini Mekanisme Unik Anjing dan Kucing Kala Minum, Tanpa Gelas pun Jadi! Cara Kucing Minum Air. ©2019 vethelpdirect.com

Merdeka.com - Binatang yang bisa dinobatkan sebagai sahabat manusia adalah anjing dan kucing. Seringkali keberadaan binatang imut ini di rumah tangga sudah menjadi bagian dari keluarga.

Anjing dan kucing yang keduanya sangat antusias dalam hal makan dan minum, mengundang banyak pertanyaan tentang mekanisme cara makan mereka.

Untuk soal makan, mungkin tak terlalu jadi soal. Yang jadi misteri adalah bagaimana mekanisme kedua binatang lucu tersebut untuk minum? Pasalnya, mereka tidak meneguk lewat gelas layaknya manusia. Mereka minum dari mangkuk atau genangan yang diletakkan di lantai.

Tentu mereka tak hanya sekedar mengepak-ngepakkan lidahnya ke air untuk minum. Ternyata ada cara unik untuk 'mentransfer' air dari mangkuknya, ke mulut.

1 dari 1 halaman

Cara Anjing dan Kucing Minum

Pada 2014 lalu, Sunny Jung dari Virginia Tech menggunakan kamera high-speed untuk memfilmkan anjing yang sedang meminum air dari mangkuk. Mereka lalu memeriksa hal tersebut dengan menjadikan videonya 'slow-motion'.

Dari penemuan tersebut, anjing dan kucing membengkokkan lidahnya ke belakang hingga membentuk layaknya sendok sayur, sehingga ia bisa memasukkan air ke mulut.

Karena anjing dan kucing tak memiliki pipi, mereka tak bisa menghisap layaknya manusia. Untuk 'mendorong' air masuk perutnya, anjing dan kucing melakukan hal ini dan dalam kecepatan normal, terlihat seperti lidah mereka 'menampar' air.

Padahal, mereka sedang mendorong air ke tenggorokannya dalam bentuk gumpalan, dan sesegera mungkin menelannya. Semua ini terjadi begitu cepat, hanya sepersekian detik saja.

Meski sama, ada perbedaan mendasar antara mekanisme minum anjing dan kucing. Kucing jauh lebih pilih-pilih, dan lebih 'anggun' dalam minum. Hal ini dikarenakan kucing tidak 'menamparkan' lidahnya ke mangkuk air, namun dia lakukan itu dengan lemah lembut.

Hal ini menjadikan kucing lebih tidak berisik dan tidak 'muncrat' ke mana-mana ketika ia minum, meski mangkuk diletakkan di lantai atau minum dari kran. [idc]

Baca juga:
Penjelasan Ilmiah Mengapa Pedas Itu Sensasi, Bukan Rasa
Ilmuwan Sebut Ada Empat Jenis Kepribadian, Masuk Golongan Mana Anda?
Ini Penjelasan Ilmiah Suara Asli dan Rekaman yang Terasa Berbeda
Ini Penjelasan Ilmiah Soal Dejavu, Cuma Tipuan Otak?
Penjelasan Di Balik Nikmatnya Mendengar ASMR
Ini Jumlah Es yang Ada di Antartika, Jika Cair Dunia Tenggelam!

Topik berita Terkait:
  1. Sains
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Kucing Lucu
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini