Ini Cara Posting Dari Facebook dan Instagram Secara Bersamaan

Senin, 13 Mei 2019 12:00 Reporter : Indra Cahya
Ini Cara Posting Dari Facebook dan Instagram Secara Bersamaan Ilustrasi Instagram dan Facebook. ©2019 msn.com

Merdeka.com - Dengan popularitas Instagram yang meroket, saat ini sudah banyak sekali pengguna Facebook yang bermigrasi ke Instagram. Namun banyak juga yang masih bertahan di platform besutan Mark Zuckerberg tersebut, dan menggunakan keduanya bersamaan.

Nah, jika Anda adalah salah satunya, tentu berpikir untuk melakukan posting secara bersamaan di dua platform sekaligus adalah hal yang efektif. Melakukan upload dengan memilih foto dan menuliskan konten di dua platform pasti terasa menjemukan.

Facebook sendiri memberikan fitur untuk memposting ke Instagram secara langsung. Berikut cara dan ulasannya yang merdeka.com kutip dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Persyaratan

Ternyata, untuk melakukan posting silang seperti ini ada persyaratan. Pertama, fitur ini hanya bisa dilakukan oleh laman Facebook bisnis saja. Untuk personal tidak bisa. Lebih jauh, fitur ini juga terbatasi untuk versi desktop atau website, sehingga versi mobile tidak bisa.

Selain itu semua, fitur Stories tidak bisa diposting bersamaan di dua platform meskipun keduanya memang punya fitur Stories. Terakhir, Posting foto bersamaan ini hanya terbatasi untuk satu foto, tidak bisa lebih dari satu foto.

2 dari 4 halaman

Posting dari Facebook ke Instagram

Untuk memposting konten dari Facebook ke Instagram, Anda harus menautkan akun Instagram Anda ke akun laman Facebook bisnis Anda. Jika sudah, posting silang baru bisa dilakukan.

Dengan melakukan ini, Anda tidak bisa melakukan posting dari Instagram ke Facebook. Untuk melakukan ini, Anda harus melakukan sebaliknya yakni menautkan akun Facebook Anda ke Instagram.

Berikut langkahnya:

  1. Buka Facebook dan klik Settings
  2. Di menu sebelah kiri, klik Instagram
  3. Klik tombol Login dan Sign in ke akun Instagram Anda


Nah, ketika selesai, Anda berarti sudah selesai menghubungkan Instagram Anda dengan Facebook. Untuk memposting, ini langkah yang harus dilakukan:

  1. Klik Page di pojok kanan atas laman
  2. Klik di kotak untuk memposting konten, dan di situ Anda telah melihat tombol posting ke Instagram
  3. Tambahkan hanya satu foto, dan isi konten tulisan sesuka Anda
  4. Terakhir, klik share
3 dari 4 halaman

Cara Putus Instagram dari Facebook Anda

Jika Anda sudah tak ingin melakukan posting silang lagi, Anda bisa memutusnya. Berikut langkahnya:

  1. Buka Facebook
  2. Klik Setting, lalu Apps, dan pilih Instagram
  3. Di bagian bawah dari pop up screen yang akan muncul, klik Remove Apps
  4. Jendela pertanyaan "Remove Instagram?" akan muncul. Jika Anda ingin menghapus juga posting Instagram hasil posting silang dari Facebook, centang kotak Delete all your Instagram Activities
  5. Jika sudah sesuai keinginan Anda, klik remove
4 dari 4 halaman

Risiko

Tidak ada risiko berarti ketika Anda melakukan posting silang dari Facebook ke Instagram. Justru, fitur ini cukup membantu.

Namun perlu diingat, Anda harus memastikan bahwa konten Anda bisa dikonsumsi dua belah audience di masing-masing platform. Hal ini mengingat Facebook dan Instagram memiliki demografi pengguna yang sangat jauh berbeda.

Kedua terkadang posting silang ini tak berhasil karena kesalahan teknis. Seringkali di salah satu platform konten tidak terposting. Kadang Anda akan mendapatkan notifikasi jika posting tak berhasil. Namun lebih baik cek dan ricek terlebih dahulu setelah posting agar Anda bisa pastikan sendiri posting silang ini berhasil atau tidak.

[idc]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini