EV Hive dan Pemprov DKI Jakarta kerja sama bikin Coworking Space

Kamis, 30 Maret 2017 17:29 Reporter : Syakur Usman
EV Hive dan Pemprov DKI Jakarta kerja sama bikin Coworking Space Ehive. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - EV Hive (evhive.co) menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan fasilitas coworking space baru di Jakarta. kerja sama lewat Unit Pelaksana Jakarta Smart City (JSC) ini bermaksud mendorong startup digital di ibukota republik ini.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, kemarin (29/3). Bersamaan itu juga dirilis situs StartupJakarta.id, sebagai komunitas resmi startup digital di Jakarta yang bernama Komunitas Startup Jakarta.

EV Hive adalah sebuah coworking space yang memiliki dua lokasi, yakni di The Maja, Jakarta selatan dan The Breeze BSD City. EV Hive dibangun oleh East Ventures, perusahaan modal ventura yang fokus mendanai tahap awal startup. Di Indonesia, East Ventures sudah mendanai sekitar 50 startup.

Berlandaskan kerja sama ini, akan dibangun coworking space yang layak dan terjangkau di Jalan Dr Satrio, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan.

JSC Hive akan dikembangkan dengan konsep smart, yang terdiri dari lima komponen. Yakni smart economic zone, smart community, smart administration, smart workspace, dan smart energy. Kelima konsep ini akan mendorong entrepreneur untuk bergerak dalam ekosistem startup digital, dengan mempermudah akses pendirian perusahaan, penguasaan pasar domestik Indonesia berkat dukungan pemerintah provinsi, dan menghadirkan lingkungan ramah bagi UMKM.

"Ini kolaborasi yang baik antara pemerintah dan warganya. Dengan JSC Hive, harapannya para penggiat startup digital di Jakarta semakin berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan kotanya. Sekaligus komitmen Pemprov DKI Jakarta mendukung Gerakan Nasional 1.000 startup digital yang dicanangkan Presiden Jokowi," ujar Dian Ekowati, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, dalam keterangan persnya, kemarin.

JSC Hive adalah fasilitas coworking space yang menghadirkan lantai dasar sebagai area publik dan lantai satu dengan ruang kerja untuk para startup. Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

1. Event space, ruangan kegiatan dengan kapasitas hingga 150 orang.

2. Lounge space, untuk para pekerja dengan mobilitas tinggi dengan biaya keanggotaan terjangkau, yakni Rp 300 ribu per bulan.

3. Desk membership, keanggotaan dengan biaya terjangkau untuk dapat memiliki slot meja kerja di coworking space JSC Hive.

4. Private office, ruang privat dengan harga terjangkau dengan kapasitas 5-6 orang atau 10-12 orang.

Seluruh fasilitas di JSC HIve dikembangkan dengan konsep smart energy dan offive. Mulai dari akses fasilitas berbasis teknologi, seperti booking, pembayaran, penerimaan tamu, hingga desain interior dan pencahayaan. Ke depan, JSC Hive akan menjadi sarana uji coba untuk workspace futuristik dengan automasi dan hemat energi berbasis teknologi. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini