7 Kemampuan Hebat Alien Jika Suatu Saat Mendarat di Bumi

Selasa, 2 Juli 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya
7 Kemampuan Hebat Alien Jika Suatu Saat Mendarat di Bumi 7 penjelasan sains tentang keterampilan alien. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, diprediksi oleh para ilmuwan kalau alien itu ada. Banyak orang yang percaya akan hal ini. Jika Anda adalah orang yang sangat berbasis ilmu pengetahuan, mungkin Anda salah satunya.

Ilmu pengetahuan sudah mencoba untuk menerka bagaimana bentuk dari alien ini, jika suatu saat nanti mereka benar-benar datang ke Bumi. Tentu, bentuknya tidak seperti alien yang digambarkan di budaya pop yang sering kita konsumsi.

Bahkan mungkin alien tidak beranatomi layaknya manusia atau hewan yang ada di Bumi.

Para ilmuwan sampai saat ini sedang sangat gencar untuk menangkap kemungkinan adanya sinyal-sinyal alien di antariksa.

Nah, berikut beberapa prediksi ilmuwan soal kemampuan hebat alien jika mereka benar-benar datang ke Bumi. Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Alien Bersifat Jahat

Kesamaan antara manusia dan makhluk lain di Bumi adalah penggunaan berbagai bentuk agresi. Hewan seringkali membutuhkan perlawanan dan perjuangan dalam kesulitan untuk mempertahankan habitat mereka. Hal ini merupakan adaptasi evolusioner.

Uniknya, manusia tak selalu melakukan agresi secara harfiah kepada manusia lain, melainkan kita memanfaatkan hewan ternak, menggunduli hutan dan banyak hal lain yang bisa dengan mudah tergolong sebagai agresi.

Berdasar konsep ini, sebuah jurnal dibuat oleh tim dari University of Missouri, di mana mereka menyebut alien adalah makhluk yang agresif. Mereka tak akan segan, bahkan lebih tak memiliki segan dari manusia, untuk menaklukkan lingkungan baru untuk menjadi lebih maju atau canggih. Hal ini akan lebih pasti terjadi jika mereka lebih cerdas dari kita secara intelejensia.

2 dari 7 halaman

Alien Punya Kemampuan Jelajah Galaksi

Jika kita bertemu alien, tak bisa dielak lagi kalau mereka memiliki kemampuan menjelajah yang jauh di atas peradaban manusia. Seperti kita tahu, umat manusia bahkan belum menemukan cara untuk bisa mendarat ke Mars. Jika Alien datang, berarti kecanggihan teknologi mereka memang lebih tinggi.

Stephen Hawking menyatakan bahwa ciri khas spesies yang maju adalah mencari hal yang baru dan memanfaatkannya secara lebih. Alien pun demikian menurutnya. Alien akan cenderung mencari planet lain untuk sekedar meningkatkan jangkauan ras mereka, dan mungkin akan memanfaatkan apa yang mereka temukan.

3 dari 7 halaman

Alien Punya Fisik yang Sangat Kuat

Menurut analisis yang dipos di website The Institute of Electrical and Electronics Engineers, serta menyimak pernyataan Seth Shostak, insinyur senior di SETI, infeksi bakteri dan virus terbatas pada bentuk kehidupan yang terkait dengan mereka secara biokimia. Dalam hal ini, manusia.

Bakteri, virus, kuman, atau sumber penyakit lain, telah berevolusi untuk bertahan pada DNA unik kita. Bahkan. virus atau infeksi bakteri ini hanya menginfeksi spesies kita. Contohnya anjing tak secara rutin terkena flu, sementara di udara dingin kita akan gampang flu.

Jadi, jika Alien datang ke Bumi, atau apapun yang bukan manusia datang ke Bumi, mereka tak akan bisa terserang penyakit di Bumi.

4 dari 7 halaman

Punya Kecerdasan Luar Biasa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika alien datang ke Bumi, berarti mereka mempunyai alat transportasi yang super canggih. Tentu jika taraf ini telah dicapai, spesies mereka juga merupakan makhluk yang teramat cerdas.

Sebagai gambaran, mereka secara general akan lebih baik dalam soal hitung, pengambilan keputusan, dan soal toleransi. Semua hal ini bisa dicapai dengan tingkat kemampuan ilmiah yang merata dalam spesies tersebut. Jadi jika hal ini diterapkan ke manusia, tentu manusia masih sangat-sangat jauh untuk mencapai tingkatan tersebut.

5 dari 7 halaman

Bentuk Mereka Tak Mirip Apapun di Bumi

Di berbagai kisah fiksi ilmiah, penggambaran alien ternyata fisiknya cukup dekat dengan manusia. Di ranah sains, hal ini tak akan terjadi. Pasalnya, manusia sendiri memang berkembang sebagai hasil pembentukan lingkungan yang spesifik.

Sebagai contoh dan gambaran, di film Arrival, Alien terlihat seperti monster dan berbicara tanpa suara namun tanda. Mungkin hal tersebut yang paling mendekati.

Seperti yang dikutip dari website Museum Sejarah Smithsonian, manusia memiliki struktur berdiri tegak karena memang manusia butuh eksplorasi lebih jauh. Ibu jari berkembang berkat adanya pepohonan yang butuh untuk dipanjat. Hal ini tak akan terjadi jika planet yang diekplorasi berukuran kecil, serta tak ada pohon. Mungkin makhluk yang menghuninya tak berdiri dan tak memiliki struktur tangan lengkap.

6 dari 7 halaman

Mereka Memahami Bahasa dan Pola Komunikasi Canggih

Komunikasi adalah kunci berkembangnya sebuah peradaban. Bentuk komunikasi jarak jauh pun harus ada agar bisa berorganisasi dalam jumlah besar, yang digunakan untuk menyebarkan informasi yang penting bagi perkembangan makhluk.

Dalam hal ini, diperkirakan alien memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan sesuatu hingga tingkatan yang super rumit. Jadi mereka dengan mudah bisa mengkomunikasikan teori yang kompleks satu sama lain, serta merekamnya untuk pembelajaran generasi penerus mereka.

Bahkan mereka mungkin memiliki organ tertentu yang berkembang melalui evolusi, di mana jauh lebih canggih dari sekedar organ berkomunikasi manusia. Mungkin berupa organ sensorik khusus yang bisa menangkap gelombang tertentu yang tak bisa ditangkap manusia.

7 dari 7 halaman

Mereka Punya Kekuatan Super

Jika film-film Hollywood membuat kita percaya bahwa mereka adalah makhluk yang kuat, memiliki kekuatan super tertentu, dan bahkan akan menguasai Bumi, ternyata secara sains itu tak akan terjadi.

Budaya ilmiah yang maju pada sebuah spesies tak akan membutuhkan kekuatan fisik untuk memanipulasi lingkungannya. Sebaliknya, kemampuan yang tinggi justru tercurah di soal ikatan sosial yang kuat, kemampuan komunikasi yang canggih, keterampilan motorik luar biasa, serta kemampuan untuk menciptakan alat yang ribuan kali lebih canggih dari yang dimiliki manusia saat ini. [idc]

Baca juga:
Akibat ramainya penambangan bitcoin, gamer hingga pemburu alien kena dampak
Ditemukan bakteri di luar angkasa, dianggap alien namun bukan
Orang ini mengaku datang dari masa depan dan dikirim oleh alien
Pria mabuk mengaku dari tahun 2048 'warning' alien bakal tiba di kota Casper
Jika alien datang, ini 7 penjelasan sains tentang 'keterampilan' mereka
Peneliti Meksiko klaim punya bukti alien dan manusia hidup bersama

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini