3 Cara Perbaiki Fingerprint Sensor Bermasalah di Android

Kamis, 6 Juni 2019 15:00 Reporter : Indra Cahya
3 Cara Perbaiki Fingerprint Sensor Bermasalah di Android pemindai sidik jari Galaxy S8. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Di hampir semua model smartphone, fitur biometrikasi yang paling populer digunakan adalah fingerprint sensor atau pemindai sidik jari.

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari keamanan yang ditawarkan sidik jari, mengingat pola tiap-tiap orang berbeda. Karenanya, meski fitur face unlock mulai diadopsi banyak vendor, fitur keamanan berbasis sidik jari masih jadi pilihan.

Kendati demikian, bukan berarti fitur ini tanpa masalah. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi fitur pemindai sidik jari yang tidak bisa digunakan. Melansir Liputan6.com, berikut beberapa di antaranya.

 

1. Daftarkan Lebih dari Satu Jari

Langkah ini memang sederhana, tapi dapat membantu kamu saat smartphone tidak dapat membaca satu sidik jari. Terlebih, hampir seluruh smartphone Android memungkinkan untuk mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Pertama, tentu kamu harus mendaftarkan sidik jari yang biasa digunakan untuk membuka smartphone. Sebagai tambahan, gunakan sidik jari lain yang dirasa paling mudah untuk menggapai sensor.

 

2. Gunakan Jari dari Kedua Tangan

Perlu diingat, bahwa hindari penggunaan dua jari dari satu tangan yang sama. Oleh sebab itu, gunakan jari lain dari tangan yang berbeda sebagai data tambahan.

Cara ini juga dapat memudahkanmu saat memakai smartphone di tangan yang berbeda dari biasanya. Selain memudahkan saat pemindai sidik jari bermasalah, kamu dapat memakai smartphone lebih fleksibel.

 

3. Tambahkan Jari Setelah Mandi

Cara ini memang sedikit berbeda tapi cukup ampuh untuk dipakai saat pemindai sidik jari bermasalah. Alasannya, dalam beberapa kondisi kamu akan mengakses sidik jari dalam saat keadaan basah, semisal habis mandi atau sedang berkeringat.

Dalam beberapa percobaan, kamu mungkin akan menemui kendala dan sidik jari susah terekam. Namun, dengan membersihkannya sebentar, biasanya kamu dapat langsung membuka perangkat kembali.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Tekno Tips
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini