Tak Hanya untuk Perut, Probiotik Juga Bisa Beri Manfaat Luar Biasa bagi Otak

Selasa, 10 Maret 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tak Hanya untuk Perut, Probiotik Juga Bisa Beri Manfaat Luar Biasa bagi Otak ilustrasi probiotik. authoritynutrition.com

Merdeka.com - Selama ini, kandungan probiotik yang biasa ada di yogurt telah dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi kesehatan perut dan usus. Namun yang tak banyak disadari, probiotik ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan otak dan mental.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa bakteri probiotik memiliki manfaat positif bagi kesehatan otak dan mental. Hal ini mungkin terjadi karena hubungan yang dimiliki oleh setiap anggota tubuh.

Pada dasarnya, probiotik merupakan bakteri yang memberikan manfaat kesehatan spesifik ketika dikonsumsi dalam jumlah cukup. Banyak makanan dan minuman yang mempromosikan diri memiliki kandungan ini di dalamnya.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa bakteri baik seperti ini bisa memiliki manfaat bagi kesehatan. Otak juga diketahui mendapat manfaat dari probiotik ini terutama pada otak besar.

1 dari 2 halaman

Hubungan antara probiotik dengan manfaatnya terhadap otak ini mungkin terjadi. Pasalnya, usus dan otak memiliki hubungan baik secara fisik maupun kimiawi.

Adanya hubungan ini menyebabkan ternyadinya perubahan di usus ini bisa berdampak langsung terhadap otak. Hubungan ini terjadi dengan saraf vagus (saraf besar di sistem saraf pusat) mengirimkan sinyal di antara keduanya.

Lebih lanjut, hubungan antara otak dan usus ini juga berkomunikasi melakukan mikroba di usus. Hubungan antara kesehatan usus ini juga diketahui memiliki dampak terhadap kesehatan mental.

2 dari 2 halaman

Menurut sebuah penelitian, konsumsi sejumlah makanan tertentu bisa membantu menurunkan gejala umum dari depresi. Hal ini juga diketahui bahwa hal ini bisa menurunkan tingkat peradangan yang terjadi.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa probiotik bisa membantu mengatasi gejala. Hal ini terjadi pada kasus-kasus yang belum didiagnosa secara klinis seperti stres akademik, stres psikologis, stres depresif, serta gejala kecemasan.

Secara umum, dapat dijelaskan bahwa konsumsi pribiotik ini bisa berdampak postif bagi kesehatan otak dan mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk konsumsi makanan ini agar mendapat manfaat sehatnya. [RWP]

Baca juga:
Menjanda atau Menduda di Usia Senja Bisa Sebabkan Munculnya Alzheimer's
Tak Hanya Buat Gemuk, Pola Makan ala Barat juga Bisa Berdampak pada Kerja Otak
Konsumsi Sereal Bisa Bantu Orang Tua Cegah Hilangnya Ingatan
Begini Dampak yang Diberikan oleh Kebiasaan Olahraga Terhadap Kesehatan Otak
Air Putih Bisa Jadi Minuman yang Paling Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Anak
Begini Cara Otak Pulihkan Tubuh dan Buang Racun Ketika Tidur

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Otak
  3. Probiotik
  4. Makanan Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini